uefau17.com

Hogwarts Legacy Tunda Rilis di PS4 dan Xbox One sampai 5 Mei 2023 - Tekno

, Jakarta - Game Hogwarts Legacy baru saja dirilis untuk sejumlah platform next-gen dan PC beberapa waktu lalu. Meski begitu, gamer konsol lawas tampaknya harus lebih sedikit bersabar.

Melalui sebuah pengumuman di Twitter, pengembang game menyatakan bahwa jadwal rilis Hogwarts Legacy untuk PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One, akan ditunda sampai 5 Mei 2023 atau sebulan dari seharusnya.

"Tim sedang bekerja keras untuk memberikan pengalaman terbaik di semua platform dan kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk melakukannya," tulis akun Twitter resmi Hogwarts Legacy, dikutip Rabu (8/3/2023).

"Hogwarts Legacy akan diluncurkan untuk PS4 dan Xbox One 5 Mei 2023," imbuh mereka di akun @HogwartsLegacy.

Sebelumnya, Hogwarts Legacy di PS4 dan Xbox One, dijadwalkan rilis pada 4 April 2023, setelah diluncurkan di PlayStation 5 (PS5), Xbox Series X/S, dan PC.

Selain itu, game ini juga harusnya dirilis di Nintendo Switch pada 25 Juli 2023 mendatang. Tidak diketahui apakah jadwal tersebut juga akan terpengaruh penundaan di konsol PS4 dan Xbox One atau tidak.

Mengutip Gamesradar, penundaan tidak asing dengan Hogwarts Legacy. Game ini harusnya dirilis di 2021, namun diundur ke Desember 2022, sebelum perilisan awal diundur lagi ke Februari 2023.

Hogwarts Legacy sempat dirundung kontroversi akibat pernyataan pencipta dunia Harry Potter, J.K. Rowling, yang dianggap transfobia. Bahkan, para streamer yang memainkannya, di-bully oleh beberapa warganet.

Aksi boikot namun sia-sia. Mengutip Gamerant, Warner Bros. Interactive mengungkapkan, Hogwarts Legacy meraup USD 850 juta dalam dua pekan penjualan pertamanya, dengan 12 juta kopi yang laku.

Selain itu, game yang berlatar di dunia sihir Harry Potter itu juga masuk ke salah satu game Steam terbesar sepanjang masa, jika dihitung dari jumlah pemain secara bersamaan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Adaptasi Langsung Kisah Harry Potter

Meski Hogwarts Legacy mengangkat kisah yang berlatar belakang semesta Harry Potter, Portkey Games sebagai publisher menyebut game ini bukan merupakan adaptasi langsung dari buku maupun film yang sudah ada.

Akan tetapi, kisahnya masih berakar pada semesta yang diciptakan J.K Rowling tersebut.

Hogwarts Legacy merupakan game RPG single player dengan konsep open world. Pemain akan berperan sebagai siswa di sekolah sihir Hogwarts dengan latar dunia sihir tahun 1800-an.

Para pemain akan diajak untuk melakukan berbagai perjalanan di dunia sihir Harry Potter, sekaligus mengembangkan kemampuan mereka. Pemain dapat belajar merapal mantra, membuat ramuan, hingga menjinakkan hewan-hewan ajaib di dunia tersebut.

Dalam game ini, pemain menentukan asrama mereka di Hogwarts sekaligus melakukan personalisasi pada karakter yang dimainkan. Sejalan dengan perkembangan, pemain juga bisa mengembangkan gaya bertarung mereka sendiri.

 

3 dari 4 halaman

Bisa Jadi Penyihir Jahat

Yang menarik, Hogwarts Legacy disebut tidak memiliki sistem moral dalam permainannya. Karenanya, pemain bisa menentukan sendiri kisahnya, termasuk menjadi penyihir baik atau jahat.

Sayang, salah satu olahraga ikonik di dunia Harry Potter, yakni Quidditch tidak akan muncul dalam game ini. Kendati demikian, pemain masih dimungkinkan untuk menaiki sapu terbang untuk melakukan perjalanan, termasuk mengikuti perlombaan.

Meski mengusung semesta Harry Potter, game Hogwarts Legacy ini tampilkan cerita original tanpa ada campur tangan secara langsung dari sang pengarang bukunya, yaitu JK Rowling.

 

4 dari 4 halaman

Hogwarts Legacy Berlatar Tahun 1800-an

Hogwarts Legacy juga memperkenalkan tokoh-tokoh baru mulai dari para profesor, murid, penjahat, mentor dan makhluk mistis, tetapi juga ada karakter yang cukup dikenal dari novel dan filmnya.

Namun, mengingat latar waktunya yang berada di tahun 1800-an, pemain tidak akan bertemu trio sentral dari seri utama Harry Potter yaitu Harry Potter, Hermione Granger, dan Ron Weasley.

Karena mengusung genre open world, pemain dapat menjelajah tempat lain di luar Hogwarts, terbang menggunakan sapu ajaib, dan berteman dengan karakter lain untuk bertualang bersama.

(Dio/Isk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat