uefau17.com

Instagram Tutup Fitur Live Shopping 16 Maret 2023 - Tekno

, Jakarta - Meta mengumumkan kepada sejumlah pengguna bahwa fitur Live Shopping di Instagram akan ditutup pada 16 Maret 2023.

Setelah ditutup, toko tidak dapat menandai produk mereka selama live streaming sehingga pengguna hanya mengandalkan tautan untuk membeli item.

Mengutip Engadget, Rabu (15/2/2023), Instagram menjelaskan bahwa langkah tersebut dilakukan sebagai cara untuk lebih fokus pada fitur inti.

Putusan ini bahkan dilakukan tepat ketika Instagram menghapus tab belanja dari layar beranda, dan beberapa bulan setelah Facebook menutup Live Shopping dan mengarahkan toko ke Reels.

Pun demikian, aktivitas belanja masih menjadi bagian dari Instagram dalam postingan, Reel, dan Stories, tetapi Meta akan lebih fokus pada fitur inti.

Live shopping pertama kali hadir di Instagram pada tahun 2020, saat banyak orang terpaksa berbelanja online selama pandemi.

Keputusan itu tidak mengejutkan, karena Meta sedang mencari cara untuk melakukan efisiensi di tengah ancaman resesi dan investasi metaverse yang tinggi sehingga memengaruhi keuntungan perusahaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Menguntungkan

Belanja berbasis sosial diperkirakan hanya mewakili lima persen dari e-commerce AS pada tahun 2022, menurut Insider Intelligence. Jika itu benar, Meta tidak menghasilkan banyak pembelian dari live shopping.

Meta tidak sendirian dalam berjuang dengan fitur belanja. TikTok menghadirkan live shopping di Amerika Utara pada akhir tahun lalu, tetapi hanya menggunakan teknologi outsourcing.

Sumber Financial Times mengklaim musim panas lalu (Juni-September 2022), TikTok mengurangi rencananya untuk menyerap tenaga kerja di Inggris dan eksodus massal karyawan.

Sederhananya, mungkin tidak banyak audiens yang melakukan belanja sosial seperti yang diharapkan oleh beberapa raksasa teknologi.

3 dari 5 halaman

Instagram Bakal Punya Layanan Centang Biru Berbayar?

Instagram dikabarkan tengah mengembangkan fitur berbayar untuk mendapatkan centang biru sebagai bukti verifikasi akun. Kabar ini diketahui dari seorang pengembang dan reverse engineer Alessandro Paluzzi.

Sebagai informasi, Alessandro memang kerap mengungkap adanya fitur baru melalui kode yang ada dituliskan dalam aplikasi. Nah kali ini, seperti mengutip informasi dari TechCrunch, Minggu (5/2/2023), Alessandro menemukan kode di aplikasi Instagram merujuk pada layanan untuk mendapatkan centang biru secara berbayar.

Adapun kode baru yang ditemukan Alessandro pada aplikasi Instagram adalah IG_NME_PAID_BLUE_BADGE_IDV. Dari analisis sementara, IDV besar kemungkinan berarti Identity Verification.

Berdasarkan temuan itu, ia memperkirakan kode referensi tersebut dipakai untuk menghadirkan layanan verifikasi atau mendapatkan akun centang biru secara berbayar. Selain di Instgram, kode serupa juga muncul di pada build terbaru di aplikasi Facebook.

Kendati demikian, Alessandro menyebut temuannya ini masih sangat minim informasi. Sebab, belum ada tanda-tanda kehadiran fitur baru di aplikasi, selain referensi kode tersebut, ditambah Instagram tidak berkomentar mengenai temuan ini.

Meski belum dapat dipastikan apakah akan benar-benar dirilis, temuan ini jelas menarik. Sebab, proses verifikasi akun Instagram saat ini dianggap masih belum optimal.

Beberapa keluhan yang kerap dilayangkan pengguna mengenai verifikasi di Instagram adalah prosesnya disebut rumit dan terlalu acak, karena memang mengandalkan automasi dalam sistemnya.

Untuk itu, Head Instagram Adam Mosseri sempat mengatakan verifikasi akun akan menjadi fokus perbaikan perusahaan pada 2020. Namun hingga kini, sistem verifikasi tersebut tidak banyak berubah.

Di samping itu, apabila benar fitur ini akan dirilis, Instagram bakal mengikuti jejak Twitter yang sudah melakukan hal serupa lebih dulu. Sebagai informasi, Twitter kini memiliki layanan berbayar Twitter Blue dimana salah satu fitur yang bisa dinikmati pengguna adalah mendapatkan centang biru.

4 dari 5 halaman

Pengguna Instagram Bisa Gonta-ganti Foto Profil Pakai Avatar, Begini Caranya

Instagram mengeluarkan fitur untuk membuat pengguna bisa mengganti-ganti foto profil mereka, dengan gambar avatar buatannya sendiri.

Selain itu, orang yang mengunjungi profil yang sudah mengaktifkan fitur ini, dapat menukar tampilan foto profil dan avatar, cukup dengan melakukan flip di bagian foto profil yang dikunjunginya.

Berikut ini langkah-langkah untuk menambahkan avatar buatan sendiri ke foto profil Instagram:

Cara pakai Avatar jadi foto profil

  1. Masuk ke bagian profil
  2. Pilih Edit Profile, nantinya akan muncul foto profilmu bersama opsi untuk mengisi tampilan avatar jika avatar belum dibuat.
  3. Klik Create Avatar lanjutkan dengan membuat avatarmu sendiri
  4. Kamu dapat membuat avatar sesuai keinginanmu sendiri, termasuk agar mirip dengan dirimu, mulai dari warna kulit, mata, alis, rambut, bentuk wajah, hingga aksesoris dan pakaian yang dipakai avatarmu.
  5. Sementara jika sudah pernah membuat avatar sebelumnya, cukup klik foto profil dan nantinya akan muncul menu untuk pengaturan foto profil dan gambar avatar.
  6. Jika avatarmu sudah jadi, kamu dapat memilih opsi Add to profile picture untuk menampilkannya di balik foto profil aslimu. Kamu dapat mematikan fitur ini sewaktu-waktu di menu Edit Profile
  7. Untuk menukar foto profilmu dengan avatar, cukup lakukan swipe atau flip foto profil.

Sejauh pantauan Tekno , Selasa (25/1/2023), fitur ini sudah bisa dilihat melalui aplikasi Instagram di smartphone.

Selain itu, gonta-ganti foto profil dengan avatar ini baru bisa dilihat melalui Profil dan hanya pada mereka yang sudah membuat avatar.

5 dari 5 halaman

Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos. (/Abdillah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat