uefau17.com

Tahun Baru di Mars Lebih Dulu Ketimbang Bumi, Ini Penjelasannya - Tekno

, Jakarta - Jika manusia di Bumi baru akan melewati pergantian tahun beberapa hari lagi, para "penghuni" planet Mars tampaknya sudah merayakan Tahun Baru beberapa hari lebih awal.

Entah apakah ada kehidupan di Mars atau tidak, namun menurut badan antariksa Amerika Serikat NASA, planet merah itu sudah melakukan pergantian tahun pada 26 Desember 2022 lalu.

NASA dan beberapa badan antariksa lain menjelajahi permukaan Mars untuk mencari tanda-tanda kehidupan lampau, berujung pada misi pengembalian sampel bersama NASA-Eropa yang dapat mengangkut regolith kembali di tahun 2030-an.

Mengutip Space, Kamis (29/12/2022), penerbangan melintasi Mars pertama kali dilakukan oleh Mariner 4 pada 14 Juli 1965. Namun untuk tahun baru di sana, para ilmuwan mulai menghitung sejak planet tersebut mencapai titik balik musim semi utara pada tahun 1955.

"Menomori tahun Mars," tulis NASA di Twitter, "membantu para ilmuwan melacak pengamatan jangka panjang, seperti data cuaca yang dikumpulkan oleh pesawat luar angkasa NASA selama beberapa dekade."

Karena Mars lebih jauh dari Matahari ketimbang Bumi, dibutuhkan kira-kira dua kali lebih lama bagi planet itu, untuk mengelilingi Matahari kita.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam penjelasan terpisah, juga mengonfirmasi 26 Desember 2022 menjadi Tahun Baru di Mars.

Andi Pangerang dari Pusat Riset Antariksa BRIN, melalui laman Edukasi Sains Antariksa BRIN menyebut, Mars berjarak 228 kilometer dari Matahari, atau 1,524 kali jarak Bumi-Matahari.

Menurut Hukum Kepler III, kuadrat periode orbit planet mengelilingi Matahari berbanding lurus dengan kubik (pangkat tiga) jarak planet-Matahari.

Jika jarak Mars-Matahari 1,524 kali jarak Bumi-Matahari, maka periode orbit planet Mars sama dengan 1.881 tahun di Bumi atau setara 687 hari di Bumi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satu Tahun di Mars

Lama tahun di suatu planet, mengacu pada durasi periode orbit planet mengelilingi Bumi. Sehingga 1 tahun di Mars sama dengan 687 hari di Bumi, atau sekitar dua tahun kurang 1,5 bulan di Bumi.

Dikarenakan periode rotasi Mars sebesar 24 jam 37 menit, maka satu tahun di Mars sama dengan 668 hari di sana.

Lebih lanjut dijelaskan, Mars memiliki sumbu rotasi dengan kemiringan yang hampir sama dengan Bumi sebesar 24,5 derajat terhadap sumbu ekliptika atau tegak lurus bidang ekliptika.

Periode rotasi Mars pun hampir sama, tetapi sedikit lebih panjang dibandingkan dengan Bumi. Meski demikian, durasi musim di Mars menjadi tidak seragam karena kelonjongan orbit Mars 5,6 kali kelonjongan orbit Bumi.

Menurut Andi, tahun 1 di Mars mengacu pada fenomena badai debu dahsyat di planet itu pada 19 Agustus 1956.

 

3 dari 3 halaman

Bukan Tahun Baku

Tapi, karena awal tahun di Mars menggunakan ekuinoks vernal (saat bujur ekliptika Matahari sama dengan 0 derajat), maka tahun 1 di Mars dimulai pada 11 April 1955.

Sistem tahun di Mars diperpanjang ke angka tahun negatif dengan menambahkan tahun 0 yakni pada 24 Mei 1953.

BRIN pun mengatakan, Mars saat ini sudah memasuki tahun ke-37. Tahun baru sebelumnya terjadi pada 7 Februari 2021 dan tahun baru berikutnya baru terjadi pada 12 November 2024.

"Meski demikian, tahun ini bukanlah tahun baku ataupun resmi yang digunakan di Mars," tulis Andi. "Melainkan hanya digunakan oleh kalangan terbatas seperti peneliti untuk melakukan studi klimatologi atau iklim di Mars yang membutuhkan nomor tahun."

Andi mengatakan, nomor tahun ini dapat menentukan pola musim yang terjadi di planet merah itu.

(Dio/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat