uefau17.com

Meta: Ada 400 Aplikasi Berbahaya di Android dan iOS Curi Informasi Pengguna Facebook - Tekno

, Jakarta - Meta baru-baru ini memperingatkan para pengguna Facebook, kemungkinan informasi akun mereka telah disusupi aplikasi pihak ketiga yang berasal dari App Store atau Google Play Store. Peringatan ini dirilis berdasarkan laporan terbaru perusahaan.

Dikutip dari Engadget, Sabtu (8/10/2022), tim riset keamanan Meta menemukan ada lebih dari 400 aplikasi scam yang dibuat untuk membajak kredensial akun Facebook pengguna.

Dalam laporan itu, Meta menyebut cara yang digunakan aplikasi pihak ketiga ini untuk mencuri informasi pengguna adalah dengan menyamar menjadi aplikasi yang menawarkan layanan menarik.

Meski tidak diungkap detail, aplikasi ini terdiri dari beberapa kategori, seperti editor foto, layanan VPN, aplikasi horoskop, hingga alat pemantau kebugaran.

Adapun cara yang dilakukan untuk mencuri data pengguna adalah mengharuskan mereka login dengan akun Facebook. Biasanya, opsi Log In with Facebook ini ditawarkan agar pengguna bisa mengakses seluruh fitur yang ditawarkan aplikasi tersebut.

Kendati demikian, fitur login ini ternyata hanya sarana untuk mencuri informasi akun pengguna Facebook. Menurut Director of Threat Disruption Meta, David Agranovich, nyatanya aplikasi ini tidak benar-benar memiliki fitur yang ditawarkan di awal.

"Banyak aplikasi yang menyediakan sedikit atau tidak ada fitur sama sekali sebelum pengguna masuk (dengan akun Facebook), dan sebagian besar tidak menyediakan fungsi (yang ditawarkan bahkan setelah seseorang setuju login (dengan akun Facebook)," tutur David.

Meta juga menemukan, aplikasi berbahaya ini tidak hanya menyamar sebagai aplikasi untuk konsumen. Beberapa di antaranya bahkan diketahui mengincar orang-orang yang menggunakan tool bisnis dari Facebook, berdasarkan nama aplikasinya.

Terkait temuan ini, Meta mengatakan pihaknya sudah melaporkannya ke Google dan Apple. Kedua perusahaan itu pun memastikan telah menerima laporan tersebut dan menyingkirkan aplikasi tersebut dari toko mereka.

Tidak hanya itu, perusahaan juga memberikan notifikasi peringatan pada sekitar 1 juta pengguna Facebook yang mungkin terdampak aplikasi berbahaya ini. Lewat notifikasi tersebut, perusahaan memperingatkan pengguna apabila mereka menggunakan akun Facebook untuk login ke aplikasi tersebut dan menyarankan mereka untuk mengamankan akunnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Facebook Hadirkan Opsi 'Show More' dan 'Show Less', Apa Fungsinya?

Di sisi lain, melalui update versi terbarunya, Facebook menambahkan pengaturan untuk memberikan pesan kepada pengguna akan konten seperti apa yang ingin mereka lihat lebih banyak.

Pengumuman ini disampaikan Meta dalam sebuah unggahan di dalam blog mereka. Opsi Show More dan Show Less merupakan pembaruan untuk bagian Facebook Feed.

Kedua opsi ini bisa ditemukan di bagian atas sebuah unggahan, dengan cara mengeklik tiga titik bertumpuk di sebelah kanan nama akun atau letak pengaturan menu Feed Preferences.

Mengeklik salah satu opsi ini akan membantu platform dalam meningkatkan atau mengurangi jumlah suatu konten untuk sementara yang akan disukai pengguna.

Show More dan Show Less dasarnya adalah feedback dari pengguna mengenai konten yang ingin mereka terima, supaya mereka tidak menghabiskan waktu terlalu banyak di dalam aplikasi.

“Dengan menawarkan lebih banyak cara untuk memberikan masukan secara langsung ke dalam peringkat Feed, kami berupaya membuat sistem dari Artificial Intelligence menjadi lebih cerdas dan responsif,” tulis perusahaan dalam blog Meta, dikutip Jumat (7/10/2022).

Selain itu, pengguna Facebook juga bisa mengubah apa yang tampil di Feed mereka dengan cara menambahkan Favorite friends atau mengetuk tombol Snooze untuk sebuah unggahan dari halaman atau pengguna lain.  

3 dari 4 halaman

Show More dan Show Less juga akan Hadir untuk Reels Instagram

Melalui pengumuman tersebut, Meta juga menyampaikan bahwa mereka sedang melakukan pengujian kedua opsi ini untuk Reels di Instagram.

Sebelumnya, pada Agustus 2022, Instagram sedang melakukan pengujian kustomisasi konten dengan cara membuat daftar kata kunci dan emoji yang tidak diminati, untuk menunjukkan preferensi konten.

Perusahaan menyatakan, mereka akan terus mengeksplorasi berbagai cara untuk membantu penggunanya menyesuaikan seberapa banyak konten yang ingin dilihat di Feed.

“Fitur-fitur seperti ini dapat membantu Anda menemukan lebih banyak konten yang berharga, supaya Anda bisa melihat lebih banyak konten yang diinginkan dan lebih sedikit yang tidak diiinginkan,” Meta memungkaskan.

Di samping itu, Nintendo mengumumkan bakal mengakhiri dukungan untuk fitur masuk ke Nintendo Account menggunakan akun Twitter atau Facebook, mulai 25 Oktober 2022.

Selain itu, pemain juga tidak akan bisa lagi membuat Nintendo Account menggunakan akun media sosial tersebut.

4 dari 4 halaman

Facebook dan Twitter Bakal Tak Bisa Dipakai untuk Masuk Akun Nintendo

Usai tanggal tersebut, pemain yang ingin masuk ke Nintendo Account pun harus menggunakan username dan kata sandi atau password akun Nintendo, atau bisa menggunakan akun Google maupun Apple.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan bagi mereka yang telah menggunakan akun Facebook atau Twitter untuk masuk ke Akun Nintendo mereka," tulis Nintendo di laman resminya, dikutip Jumat (23/9/2022).

Nintendo meskipun begitu, tidak mengungkapkan alasan pemutusan tautan antara platformnya dengan Facebook dan Twitter.

Perusahaan mengungkapkan nantinya, saat menggunakan perangkat di mana pemain sudah masuk ke akun Nintendo, mereka mungkin dapat menggunakan akunnya tanpa harus sign-in lagi.

Namun, jika layar sign-in muncul, pemain dapat masuk dengan alamat email yang terkait dengan Nintendo Account atau Sign-In ID dan kata sandi, lalu masukkan kata sandi akun Nintendo, bukan password Facebook atau Twitter.

Berikutnya, masuklah menggunakan akun Google atau Apple. Tapi jika pemain lupa password, pilih "Forgot your password?" di laman sign-in akun Nintendo, kemudian ikuti petunjuknya

(Dam/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat