uefau17.com

Chromebook 4G LTE Pertama Buatan Dalam Negeri Resmi Meluncur - Tekno

, Jakarta - Chromebook 4G LTE pertama yang didesain dan diproduksi secara lokal resmi meluncur. Chromebook ini merupakan hasil kolaborasi PT. Tata Sarana Mandiri, Qualcomm, Google, PT Sat Nusapersada, dan PT. Libera Technologies bersama Kementerian Perindustria melalui ekosistem Indonesia Manufacturing Center Elektronika dan Telematika (IMC-ET).

Menurut Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, kolaborasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan daya saing laptop produksi dalam negeri yang sekaligus diharapkan bisa mendorong program substitusi impor 35 persen pada 2022.

"Kami memberikan apresiasi terhadap keberhasilan dari sinergi tersebut sehingga bisa memproduksi Chromebook 4G LTE pertama yang didesain dan diproduksi di Indonesia dengan komponen lokal di atas 40 persen," tuturnya dalam peluncuran Chromebook lokal ini seperti dikutip dari siaran pers Kemenperin, Kamis (24/3/2022).

Ia pun berharap IMC-ET dapat terus berkolaborasi dengan stakeholder lain dalam mengembangkan ekosistem laptop dalam negeri. Kemenperin juga akan secara intens menguatkan komunikasi dengan para pengembang chipset bekerja sama untuk memperdalam struktur industri elektronika, khususnya memproduksi laptop.

Sementara itu, Chairwoman PT. TSM, Yovita Bellina menuturkan, akan dua model Chromebook yang dirilis, mendukung 4G LTE dan Wi-Fi only. Keduanya akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8-cores yang sudah memenuhi spesifikasi program Merdeka Belajar.

"Kedua perangkat ini akan dipasarkan dengan nama Libera Merdeka Chromebook C150 untuk versi 4G LTE/Wi-Fi, dan Chromebook C120 untuk versi WI-Fi. Kedua produk ini akan mulai beredar di pasar pada kuartal II tahun 2022," tuturnya menjelaskan.

Untuk mencapai TKDN di atas 40 persen, Chromebook ini diproduksi secara CKD (Completely Knock Down). Selain itu, charger laptop ini didesain secara penuh oleh TSM dan diproduksi di Indonesia untuk mendukung pasok rantai

Ia juga menuturkan, pihaknya ingin membuktikan perusahaan akan mendukung penuh pemerintah dalam membangun kompetensi teknis serta kemandirian riset dalam negeri. Nantinya, riset dan pengembangan tersebut dijalankan secara penuh oleh TSM, lalu diproduksi dan dipasarkan lewat kolaborasi dengan para mitra.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asus Rilis 3 Chromebook Ringan dan Berstandar Militer di Indonesia

Beberapa bulan lalu, Asus juga meluncurkan sejumlah produk Chromebook di Indonesia. Salah satunya adalah Chromebook Flip C214 yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran atau edukasi.

Menurut Asus Commercial Lead Asus Indonesia, Yulianto Hasan, Asus sudah membekali laptop ini dengan sejumlah kemampuan untuk mendukung kebutuhan pembelajaran pengguna.

Salah satunya adalah dukungan multi-touch screen. Selain itu, laptop ini juga dapat digunakan dalam beberapa mode penggunaan, seperti laptop mode, tent mode, atau tablet mode.

"Untuk ketahanan, laptop ini juga sudah melewati standar military grade (standar militer). Jadi dilengkapi dengan rubber band, sehingga tidak mudah baret," tutur Yulianto saat peluncuran yang dilakukan secara virtual.

Adapun untuk harga laptop ini, Yulianto mengatakan, Asus membanderolnya dengan harga Rp 6.399.000. Namun Asus akan memberikan penawaran harga khusus secara terbatas yakni Rp 5.999.000.

 

  

 

3 dari 3 halaman

Asus Chromebook Lain

Selain Chromebook Flip C214, Asus juga memperkenalkan Chromebook Flip C434. Laptop ini memiliki desain yang lebih cantik dan sudah menggunakan aluminum alloy di bodinya.

Sama seperti Flip C214, laptop ini juga mendukung beberapa penggunaan mode, seperti laptop mode, tent mode, atau tablet mode. Asus membanderol Chromebook ini dengan harga Rp 10.999.000.

Lalu ada pula Chromebook Flip C436 yang sudah menggunakan prosesor Intel Core generasi terbaru. Yulianto mengatakan, laptop ini masuk kategori thin-light, sehingga bobotnya ringan dan bodinya tidak terlalu tebal.

"Chromebook Flip C436 merupakan Chromebook teringan dengan bobot hanya 1,1 kg dan dapat bertahan hingga 12 jam dalam sekali charge," tutur Yulianto. Asus membanderol laptop ini dengan harga Rp 15.999.000.

(Dam/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat