uefau17.com

Telkomsigma Siapkan Posko Siaga Nataru untuk Antisipasi Gangguan dan Keamanan Layanan - Tekno

, Jakarta - Layanan komputasi awan dari Telkomsigma, Flou Cloud, mengklaim telah menyiapkan Posko Siaga Nataru (Natal dan Tahun Baru) guna mengantisipasi terjadinya downtime atau gangguan layanan ICT (Information Communication & Technology).

Antisipasi ini dilakukan melalui aktivitas monitoring dan identifikasi terkait kesiapan infrastruktur, sumber daya, dan juga keamanan layanan ICT secara menyeluruh.

"Selama momen tahun baru, secara umum akan terjadi kenaikan trafik dan juga momen-momen penting yang berkaitan dengan layanan digital yang beroperasi melalui cloud," kata Direktur Delivery dan Operation Telkomsigma, I Wayan Sukerta, melalui keterangannya, Rabu (15/12/2021).

Ia menyebut perusahaan memastikan seluruh lini operasional bisnis pelanggan yang terkait dengan kesiapan layanan cloud services, IT Services, digital services dan juga data center tetap berjalan lancar.

"Tidak hanya sebatas pada momen Nataru, namun dengan posko siaga ini kami maksimalkan kesiapannya," Wayan menambahkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkuat Keamanan Data

Selain itu, fitur keamanan Flou Cloud juga akan menyimpan sekaligus menjaga data agar hanya bisa diakses oleh pihak yang diizinkan melalui dukungan infrastruktur data center tersertifikasi internasional.

Terkait dengan cyber threat yang perlu diantisipasi jelang Nataru, Flou Cloud memiliki sistem keamanan firewall berbasis web (WAF) untuk menyaring, memonitor, menganalisis, dan mendeteksi semua akses serta melakukan blokir terhadap lalu lintas berbahaya yang diarahkan ke situs web dan aplikasi pelanggan.

WAF berfungsi untuk mengamankan data pelanggan dan mencegah malfungsi server yang disebabkan oleh aktivitas dan serangan berbahaya.

Hal tersebut menjadi penting, mengingat segmentasi pelanggan Telkomsigma yang didominasi industri esensial, termasuk sektor bisnis kritikal seperti perbankan dan finansial, pangan, manufaktur, farmasi, hingga transportasi.

3 dari 4 halaman

Mendeteksi Celah Keamanan

Di samping itu, Flou Cloud memiliki sistem perangkat lunak security host bernama Server Guard. Teknologi ini berfungsi mendeteksi celah keamanan host, baseline check, pemindaian dan penghapusan virus, serta manajemen aset terpadu.

Fitur ini memberikan kesadaran dan pertahanan secara real-time terhadap aktivitas mencurigakan dan menjaga keamanan server.

Flou yang dilengkapi dengan fitur back-up storage yang fleksibel juga melengkapi sistem keamanannya dengan perlindungan Anti DDoS untuk melindungi data dan aplikasi pelanggan dari serangan DDoS dan Trojan, AI, hingga sistem replikasi pusat data yang membuat data pelanggan makin aman.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat