uefau17.com

Studi: Smartphone akan Kurangi Jumlah Kamera Gara-Gara Kelangkaan Chip - Tekno

, Jakarta - Sebuah laporan mengungkap informasi menarik tentang tren terbaru pada smartphone. Menurut laporan itu, vendor smartphone bakal mengurangi jumlah sensor kamera di perangkat karena kelangkaan chip.

Laporan ini datang dari studi yang dilakukan Omdia, sebuah perusahaan riset pasar.

Omdia dalam risetnya menyebut, alih-alih menawarkan banyak sensor, vendor smartphone kini lebih memilih untuk menyediakan resolusi lebih tinggi pada kamera utama perangkat.

Dilaporkan Omdia, alasan utama pergeseran ini karena kekurangan produk semikonduktor dan chip yang tengah terjadi selama dua tahun terakhir. Kelangkaan chip ini diketahui sudah merembet dan mempengaruhi berbagai industri di seluruh dunia.

Mengutip Gizmochina, Jumat (10/12/2021), pada kuartal tiga tahun 2021, pengiriman smartphone dengan tiga kamera utama jumlahnya sama dengan smartphone yang memiliki empat sensor kamera.

Segmen smartphone tiga kamera mendapat dorongan karena handset entry level dengan harga terjangkau, yakni di bawah USD 150 melihat peningkatan adopsi sensor kamera utama.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tren Smartphone 4 Kamera

Sementara, pangsa pasar smartphone empat kamera mengalami penurunan, tertinggal dari smartphone tiga kamera.

Menariknya, pangsa pasar smartphone kamera ganda yang sempat turun beberapa waktu lalu kini justru mengalami peningkatan permintaan pada periode yang sama.

Senior Research Manager Omdia Jusy Hong mengatakan, "Tren ini muncul karena brand berusaha mengurangi biaya terkait kamera yang disebabkan oleh kekurangan semikonduktor yang berkelanjutan."

3 dari 3 halaman

Sensor 64MP Kuasai Pasar

Lebih lanjut Hong menambahkan, merek smartphone juga mengurangi jumlah kamera di model kelas menengah dari empat menjadi tiga kamera utama.

Menurutnya, saat ini lensa 48MP menyumbang 25 persen dari seluruh kamera smartphone di seluruh pangsa pada kuartal tiga 2021.

Sementara, sensor 64MP dan 108MP masing-masing naik jadi 19 persen dan 5 persen.

(Tin/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat