uefau17.com

Pesan Presiden Joko Widodo untuk Menkominfo Johnny G. Plate - Tekno

, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mengatakan sudah mendapat pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait tugas yang akan diembannya. Salah satu yang menjadi perhatian adalah terkait bidang mikro dan melakukan percepatan.

"Lalu Perlindungan Data Pribadi harus betul-betul dijaga. Kita harus punya bank data nasional, dengan benchmark di beberapa negara, agar kita menjadi bagian dari data global," tuturnya saat ditemui usai serah terima jabatan di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Selain itu, Johnny menuturkan, Presiden Jokowi ingin agar masyarakat dekat dengan gerak pembangunan yang dilakukan pemerintah. Jadi, perlu dilakukan komunikasi intensif dengan masyarakat.

"Jangan merasa jauh, tapi dekat. Tuhan Maha Tahu, tapi rakyat harus diberi tahu. (Peran) Kemkominfo lah yang kasih tahu rakyat," tutur politisi dari Partai Nasdem ini.

Tidak hanya Presiden Jokowi, Rudiantara yang menjabat sebagai Menkominfo di Kabinet Kerja juga memiliki pesan tersendiri.

Menurut Rudiantara, ada harapan dari komunitas telekomunikasi agar Kemkominfo berperan sebagai fasilitator, bukan regulator. "Jadi, berubah dari regulator, tapi menjadi fasilitator, bahkan akselerator," tutur pria yang akrab dipanggil Chief RA tersebut.

Selain itu, Rudiantara juga berpesan agar Johnny melanjutkan pembangunan infrastruktur yang ada di Indonesia. Sebab, pembangunan infrastruktur yang ada saat ini belum cukup menjangkau seluruh masyarakat.

"Indonesian itu terlambat untuk pembangunan infrasturktur teknologi informasi dibandingkan negara lain. Jadi, titip tetap membangun infrastruktur, masih perlu dibangun," ujar Rudiantara lebih lanjut.

Untuk diketahui, saat ini Kemkominfo sebenarnya sudah berhasil menyelesaikan proyek Palapa Ring sebagai jaringan backbone untuk seluruh ibukota kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salah Sebut Kepanjangan Kemkominfo

Menkominfo Johnny G. Plate. /Agustinus Mario Damar

Saat serah terima jabatan Menkominfo, ada pula peristiwa lucu yang terjadi. Menkominfo, Johny G. Plate, sempat salah mengucapkan kepanjangan dari Kemkominfo saat memberikan sambutan.

"Eselon, pejabat-pejabat, warga besar kementerian komunikasi dan informasi yang saya banggakan," tuturnya. Perkataan itu pun langsung dikoreksi para tamu yang menyaksikan serah terima tersebut.

Mereka mengoreksi dengan mengatakan, kata info yang ada di Kemkominfo berarti Informatika, bukan Informasi. Menyadari hal itu, Menkominfo 2014-2019 Rudiantara pun langsung membalas setengah berseloroh.

"Eh, tenang-tenang baru tiga jam dilantik," ujar Rudiantara. Ucapan Rudiantara itu pun disambut tawa para tamu. Setelahnya, Johnny juga meralat pernyatannya dengan menyebutkan Kemkominfo saja, tanpa menjabarkan kepanjangannya.

(Dam/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat