uefau17.com

Fungsi RAM pada HP dan Keuntungannya, Gunakanlah Secara Maksimal - Tekno

, Jakarta Saat ini kamu berada pada era globalisasi, di mana pertumbuhan teknologi dan jaringan bertumbuh sangat pesat. Dan kamu mungkin salah satu yang tak lepas dari pertumbuhan teknologi terutama gadget ataupun smartphone.

Karena mnegikuti pertumbuhan yang sangat cepat, tentu saja membuat berbagai produsen pembuat smartphone berlomba-lomba untuk memperoleh konsumen dengan fasilitas dan kualitas yang ditawarkan. Beragam smartphone canggih pun mulai ditawarkan, dari kualitas kamera yang mumpuni bagi penggemar selfie, prosesor yang super cepat hingga kapasitas Random Access Memory atau RAM. Bahkan ada ponsel yang memiliki ukuran RAM menyaingi RAM pada laptop.

Dengan kapsitas RAM yang besar itu, sebenarnya untuk apa? Kenapa ponsel harus membutuhkan RAM yang cukup besar? Dan apa fungsi RAM pada Hp sebenarnya? Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019), berikut penjelasan tentang RAM.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Definisi RAM

Random Access Memory atau memori akses acak atau lebih dikenal dengan RAM ini merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

RAM biasa digunakan untuk penyimpanan primer atau sebagai memori utama dalam komputer. Meskipun digunakan sebagai penyimpanan primer, akan tetapi ada beberapa jenis RAM yang digunakan sebagai penyimpanan sekunder jangka panjang.

RAM memiliki dua tipe yang cukup dikenal, yitu RAM Statis (SRAM) dan juga RAM Dinamis (DRAM). Pada SRAM, tipe RAM ini lebih mahal untuk diproduksi, akan tetapi lebih cepat dan membutuhka lebih sedikit daya daripada DRAM. DRAM sendiri menyimpan sedikit data menggunakan transistor dan kapasitor.

3 dari 4 halaman

Fungsi RAM

Dalam penggunaannya, tidak semua gadget membutuhkan RAM dengan kapasitas besar. Kebutuhan RAM tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai pengguna. Fungsi RAM juga sangat penting pada hp ataupun komputer.

Fungsi RAM tak dapat dipisahkan dengan informasi-informasi yang terdapat pada hp dan komputermu. Dan berikut ini beberapa fungsi RAM yang perlu kamu ketahui sebagai pengguna yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (21/1/2019) ini.

1. Membantu penggunaan Multitasking

Fungsi RAM yang pertama ialah untuk membantu dan mendukung penggunaan multitasking dalam sebuah gadget ataupun komputer. Penggunaan multitasking yang dimaksud dalam fungsi RAM pertama ini ialah dapat mengerjakan ataupun membuka lebih dari 1 aplikasi dalam satu waktu.

Dan semakin besar RAM yang tersedia, maka semakin lancer pula suatu komputer atau hp untuk memproses penggunaan multitasking ini. Dan semakin karena banyak yang kamu kerjakan pada hpmu, maka kemungkinan hp akan freeze atau hang semakin menipis.

2. Membantu menyimpan memory sementara

Fungsi RAM lainnya ialah sebagai penyimpanan memory sementara. Fungsi RAM ini mampu menyimpan sementara memory dalam sebuah aplikasi ataupun program yang kamu miliki.

Saat program ini berjalan, maka informasi ini akan disimpan dalam RAM. Dan dalam membantu menyimpan informasi pada RAM, dibantu dengan adanya CPU untuk memproses sebuah informasi sebelum diteruskan dan disimpan dalam RAM.

3. Menentukan spesifikasi

Fungsi RAM yang lain ialah sebagai patokan pada spesifikasi suatu teknologi gadget. Dan tentu saja, kapasitas pada RAM ini perlu kamu perhitungkan saat akan membeli sebuah hp.

Karena apabila smartphone yang kamu gunakan hanya sebagai keperluan harian, maka kamu tak perlu memiliki smartphone dengan kapasitas RAM besar.

Namun apabila kamu menyukai game pada smartphone, maka kemungkinan kamu harus membeli sebuah smartphone dengan kapasitas besar. Karena hal ini berpengaruh pula pada kualitas game yang akan kamu peroleh.

4. Memiliki fungsi vital dalam gaming dan design

Sebuah game pada hp ataupun komputer tentunya membutuhkan RAM yang besar untuk penyimpanan serta pengoperasiannya. Apalagi jika kamu menyukai sebuah permainnan dengan design 3D. Tentunya kamu membutuhkan RAM dengan kapasitas besar.

Karena dengan memilikis sebuah smartphone game dengan RAM besar, maka kamu akan merasakan perbedaannya saat bermain menggunakan kapsitas RAM yang sedang bahkan kecil. Hal ini pun berpengaruh pada desain permainan yang ditampilkan dilayar.

Mempercepat kinerja proses informasiBukan lagi rahasia umum bila RAM mampu mempercepat kinerja pada gadget yang kamu miliki. Semakin besar kapasitas yang kamu miliki, maka semakin cepat pula proses kinerja yang didapatkan. Dan kecepatan pada sistem operasi juuga ditentukan dengan besaran kapasitas RAM yang dimiliki.

 

4 dari 4 halaman

Perbedaan RAM dan ROM

Meskipun terlihat sama, namun ada perbedaan antara RAM dan ROM pada sebuah gadget. Dan berikut perbedaan antara RAM dan ROM yang perlu kamu ketahui:

Beda Fungsi

RAM dan juga ROM termasuk dalam memuri internal pada hp, namun ternyata kedua hal ini memiliki perbedaan pada fungsinya. RAM berfungsi sebagai menjalankan aplikasi, membaca serta menulis dengan cepat.

Sedangan ROM berfungsi sebagai menyimpan program saat kamu mengunduhnya tanpa bisa membaca san mengoprasikannya.

Beda Tugas RAM dan ROM

Selain memiliki fungsi yang berbeda, keduanya juga memiliki tugas yang berbeda. RAM sendiri memiliki tugas, yaitu mempu menyimpan sebuah data secara acak dan masih bisa kamu akses kapanpun kamu mau.

Sedangkan ROM berupa penyimpanan data internal yang tidak mudah untuk dioperasikan ataupun diubah. ROM juga tidak bisa bertugas untuk menjalankan sebuah aplikasi tersebut.

 

Reporter: Novita Ayuningtyas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat