uefau17.com

Sakral dan Mustajab, Berikut Sejumlah Keutamaan Wukuf di Arafah pada Ibadah Haji - Surabaya

 

, Surabaya - Wukuf menjadi bagian tak terpisahkan dari ibadah haji. Prosesi wukuf dimulai saat matahari tergelincir hingga jelang terbenam. Setelah mendengar khutbah wukuf serta melaksanakan salat Zuhur dan Asar secara jamak taqdim, semua jemaah mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui berbagai ritual yang bisa mereka jalankan, mulai dari zikir, salawat, serta bermunajat.

Momen ini begitu sakral. Sebab, di fase inilah, para jemaah haji diajak untuk berkomunikasi langsung dengan Sang Pencipta di waktu dan tempat yang sangat mustajab.

Pembimbing Ibadah (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah yang juga guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya Aswadi membeber sejumlah keutamaan wukuf yang dilakukan para jemaah haji di Tanah Suci. 

 

Pertama, wukuf adalah sebuah simbol kebulatan tekad manusia untuk menghentikan semua keburukan yang pernah dia buat agar jangan dilakukan lagi. Juga sebagai momen mengabadikan nilai kebaikan sehingga menjadikannya bibit yang berkembang.

"Ibarat tanah yang subur lalu ditanami hal-hal yang baik. Sehingga menjadikan manusia menjadi lebih baik," katanya, Senin (17/6/2024).

Makna kedua, wukuf terletak pada waktu pelaksanannya yang dimulai pada ba'da zawal atau setelah matahari mulai tergelincir. Ini memiliki makna bawa sinar matahari ibarat mata hati kita yang berusaha untuk menghilangkan semua keburukan, serta selalu menumbuhkan hal-hal baik demi selalu bisa mendekat kepada Sang Pencipta.

"Bagaikan matahari yang tengah condong dan mendekat pada kebaikannya, kecondongan untuk selalu mendekat," katanya.

Jika jtu terwujud, tujuan utama wukuf sebagiai puncak kesadaran untuk selalu berbuat kebajikan.itu muncul, baik untuk diri agar bertakwa, untuk sesama, dan alam semesta.

Demi kesempurnaan wukuf, selain mendekatkan diri kepada Sang Khalik, jamaah haji juga tak boleh melakukan larangan wukuf.

"Seperti memotong tanaman di Arafah, menyiksa hewan dan lainnya. Ini sebagai latihan agar kesadaran diri terbentuk," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosesi Wukuf

Prosesi wukuf dimulai pukul 10.45 Waktu Arab Saudi. Sebelum khutbah wukuf, disampaikan laporan dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief. Kemudian ada sambutan dari Duta Besar RI di Arab Saudi Abdul Azis, sambutan Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi, dan sambutan Amirul Haj Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Sejak Jumat pagi, 14 Juni 2024, jamaah haji Indonesia sudah berada di Arafah. Mereka menempati tenda di maktab-maktab. Setiap tenda berisi 250-350 jamaah.

Jamaah haji Indonesia menempati 1.169 tenda yang terbagi dalam 73 maktab. Di sekitar kompleks jamaah haji Indonesia juga ada jemaah negara lain yakni Thailand, Tiongkok, dan Malaysia. Di kompleks itu jamaah Indonesia mendominasi. Tahun ini jamaah haji Indonesia kembali menjadi yang terbanyak di antara jamaah haji dari negara lain.

Setelah wukuf, pada Sabtu malam, mulai pukul 19.00, jemaah haji mulai bergeser ke Muzdalifah untuk mabit di sana. Khusus jemaah yang mengikuti skema murur, tidak akan turun di Muzdalifah. Mereka hanya melintas di Muzdalifah naik bus dan langsung ke Mina untuk lontar jumrah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat