uefau17.com

Transjatim Koridor IV Gresik-Paciran Mengaspal Agustus 2024, Dishub Jatim Siapkan 15 Armada Bus - Surabaya

, Surabaya - Komisi D DPRD Jatim bersama Dishub Jatim terus mematangkan operasional transjatim koridor IV Gresik - Paciran yang akan dilaunching pada Agustus 2024 dengan mengunjungi Pemkab Gresik untuk melakukan kordinasi.

Ketua Komisi D DPRD Jatim Agung Mulyono mengatakan, tujuan kunjungan kerja ini untuk sharing dan evaluasi program transjatim yang melewati Gresik yakni koridor I Gresik - Sidoarjo,  koridor III Gresik - Mojokerto. Dan koridor IV Gresik - Paciran yang baru akan dilaunching Agustus mendatang.

"Kabar baiknya adalah operasional koridor I dan koridor III dinilai sangat bagus dan bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Sehingga koridor IV juga perlu dilanjutkan," ujar politikus partai Demokrat.

Wakil ketua komisi D DPRD Jatim Ashari berharap pemprov Jatim semakin intens berkoordinasi dengan pemkab Gresik untuk persiapan launching transjatim koridor IV sehingga saat beroperasi tidak menimbulkan persoalan baru.

"Transjatim ini transportasi publik yang diinisiasi pemprov Jatim untuk konektivitas wilayah anglomerasi Gerbangkertasusila sekaligus bisa mengurangi kemacetan dan mengurangi laka lantas serta membantu masyarakat kecil karena tarifnya terjangkau, aman, nyaman dan tepat waktu. 

Ia juga berharap terminal tipe B yang menjadi kewenangan provinsi bisa lebih diberdayakan dengan adanya transjatim. Terkhusus terminal Joyoboyo Surabaya yang sampai saat ini belum bisa dilalui bus transjatim.

Padahal dalam waktu dekat koridor V Surabaya -Bangkalan juga akan dilaunching pada 13 Oktober 2024 bertepatan hari jadi pemprov Jatim ke-79.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koridor IV Gresik - Paciran Jaraknya 52 Km

Kadishub Jatim Nyono menjelaskan bahwa dua dari tiga koridor transjatim yang sudah beroperasi berada di wilayah Gresik yakni koridor I Gresik - Sidoarjo dan koridor III Gresik - Mojokerto. Bahkan koridor IV yang akan dilaunching Agustus mendatang rutenya juga melalui Terminal Bunder Gresik hingga Terminal Paciran Lamongan.

"Koridor IV Gresik - Paciran itu jarak tempuhnya 52 Km dengan waktu tempuh 1 jam 50 menit terdapat 23 shelter dari Gresik - Paciran dan 23 shelter dari Paciran - Gresik dengan biaya 5 ribu rupiah dengan layanan tepat waktu, aman dan nyaman, " ujarnya.

Jumlah armada bus transjatim koridor IV yang disediakan, lanjut Nyono ada sebanyak 15 unit, dengan pembagian 7 unit dari Gresik - Paciran, dan 7 unit dari Paciran -Gresik. Sedangkan 1 unit untuk cadangan.

"Koridor IV ini juga terdapat shulte di dermaga kapal di Brondong yang melayani rute menuju Bawean, Kalimantan dan Sulawesi sehingga bisa mempermudah transportasi penumpang kapal," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Transjatim Luxury di Koridor I Gresik - Sidoarjo

Bersamaan launching koridor IV, kata Nyono pihaknya juga akan mengoperasionalkan transjatim Luxury di koridor I Gresik - Sidoarjo untuk solusi load factornya sudah diatas 100%. Kelebihannya busnya nanti agak besar dan kursinya lebih bagus serta tidak ada penumpang yang berdiri

“Transjatim Luxury ini sengaja untuk kalangan menengah ke atas, sehingga tarifnya juga berbeda kisaran 15 ribu hingga 20 ribu dari Gresik ke Sidoarjo. Jadwalnya juga hanya pada long weekend dan hari kerja pada jam-jam orang berangkat dan pulang kerja," jelasnya.

Masih di tempat yang sama Sementara itu, Kadishub Gresik Chusaini menjelaskan bahwa transjatim sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Gresik. Khusus untuk jallur koridor IV, pihaknya juga sudah membuat aturan pembatasan bagi truk muatan untuk beroperasi pada jam 5-8 pagi dan jam 15-18 petang melalui jalur Sidayu hingga Manyar.

"Solusinya kami telah sediakan shelter yang bisa memuat 110 kendaraan besar di Desa Ngawen dan pos jaga di exit tol Manyar. Alhamdulillah kemacetan bisa sedikit berkurang pada jam-jam sibuk dan laka lantas juga bisa menurun," pungkasnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat