uefau17.com

Capres-Cawapres Tabuh Gong Kampanye Perdana Pilpres 2024 Hari Ini, Kemana dan Dimana? - Surabaya

, Jakarta - Gong masa kampanye pemilu 2024 mulai ditabuh hari ini, Selasa 28 November 2023 hingga  10 Februari 2024. Masa kampanye menjadi momen bagi pasangan capres dan cawapres yang akan bertarung di Pilpres 2024 untuk menggalang dukungan sebanyak-banyaknnya.

Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden akan mengawali kampanye dengan cara berbeda dan lokasi yang berbeda.

Capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dipastikan tidak melakukan kampanye berbarengan pada hari pertama.

Anies Baswedan memulai kampanye Pilpres 2024 di Jakarta. Sedangkan, Cak Imin bakal berkampanye di Surabaya.

Anies mengatakan, kampanye secara terpisah dinilai lebih efektif dan diharapkan bisa menjamah masyarakat di seluruh provinsi Indonesia.

"Kan kita supaya lebih banyak yang bisa kita jangkau, nanti mulai hari-hari ke depan, Cak Imin jalan menjangkau banyak masyarakat, saya juga menjangkau masyarakat kalau semuanya bareng, nanti yang bisa terjangkau sedikit," Anies saat menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Anies mengaungkan perubahan dari pelbagai sisi antara lain keadilan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

"Sudah lama dari dulu kita kampanye, satu pesan utama, melahirkan keadilan. Visinya Indonesia adil makmur untuk semua," kata dia.

Cak Imin menambahkan, salah satunya perubahan adalah terkait pemenuhan kebutuhan pokok. Cak Imin ingin rakyat Indonesia bisa menikmati makan-makanan sehat dan bergizi sepanjang hari.

"Perubahan, perubahan nasib rakyat, perubahan dari yang di akhir bulan makan mi instan menjadi setiap bulan penuh makan sehat," ujar dia.

Tak dipungkiri, banyak masyarakat yang menghemat uang makan saat akhir bulan. Sehingga, mereka memilih mie instan untuk menghilangkan rasa lapar.

"Begini, kalau satu bulan gaji biasanya di akhir bulan rata-rata makannya mi instan, perubahan artinya tidak lagi makan mi instan, satu bulan penuh makanan berigizi," ujar dia.

Cak Imin tak mau lagi masyarakat Indonesia terlalu sering makan mie instan. Dia kemudian mengait-ngatikan dengan sosok kepimpinan.

"Kalau semua masyarakat rakyat kita makan mi instan, akan lahir pemimpin pemimpim instan," ujar dia.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prabowo-Gibran Kick Fff Kampanye di Jabodetabek

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, akan memulai (kick off) kampanye Pemilu 2024 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) pada Selasa (28/11/2023).

"Kami kick off di sekitar Jabodetabek," kata Prabowo. di Jakarta, Senin.

Prabowo menambahkan sebelum memulai kampanye, akan dilakukan doa bersama. Kemudian, Prabowo-Gibran dan tim mulai membagi tugas untuk bergerak ke berbagai tempat.

"Ya, nanti kami ada doa bersama sebagai kick off. Habis itu kami sudah mulai bagi tugas, ya, yang muda bergerak ke mana-mana," jelas Prabowo sembari tertawa bahagia.

Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad, mengonfirmasi pihaknya memulai kampanye Pemilu 2024 dengan doa bersama.

"Ya, tentunya permulaan hari kampanye kami akan dahulukan dengan acara doa bersama seluruh tim TKN," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Dasco mengatakan acara doa bersama itu akan digelar secara luring dan daring bersama dengan Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran.

Harapannya, agar Pemilu 2024 yang akan dilalui tim kampanye Prabowo-Gibran dapat berlangsung damai dan lancar.

"Itu kemudian akan dilakukan secara langsung Zoom ke tim kampanye-kampanye daerah, sebagai rasa syukur kami terhadap hajatan demokrasi, dengan harapan pemilu berjalan lancar dan damai," jelas Dasco.

 

 

3 dari 4 halaman

Ganjar-Mahfud Awali dari Barat dan Timur

Sementara itu, Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo bakal memulai kampanye ke Merauke, Papua pada Selasa (28/11) besok. Sedangkan, cawapresnya, Mahfud MD mulai berkampanye ke Sabang, Aceh.

"Barat dan timur, Pak Ganjar di Merauke paling timur dan saya di paling barat di Indonesia. Nanti pakai virtual (bertemu Ganjar)," ujar Mahfud di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Mahfud berujar, pemilihan tempat kampanye ini menunjukkan simbol persatuan. Sebab, yang satu berada di barat dan lainnya di timur.

"Ya bahwa Indonesia tuh harus bersatu, jangan kurang wilayahnya juga ya," tambah Mahfud.

Diberitakan sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo akan memulai kampanye dari wilayah timur di Indonesia yakni, Merauke. Diketahui, masa kampanye akan dimulai pada besok, Selasa 28 November hingga 10 Febuari 2024.

"Rencananya kampanye TPN nantinya akan dimulai dari wilayah paling Timur di Indonesia. Yaitu Merauke, kemudian bergerak ke Tengah dan ke Barat," kata Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, saat dihubungi merdeka.com, Senin (27/11).

Dia menjelaskan, TPN memilih untuk memulai dari wilayah Timur di Indonesia, menyimbolkan perhatian besar pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md jika kelak nanti terpilih menjadi presiden.

"Ini menyimbolkan perhatian besar yang akan diberikan oleh Mas Ganjar dan Pak Mahfud ketika nanti terpilih dan menjalankan tugas sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI," jelas dia.

4 dari 4 halaman

3 Capres-Cawapres Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024

Tiga pasangan capres dan cawapres resmi menandatangani naskah deklarasi Pemilu Damai di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat (27/11/2023).

Sebelum diteken, naskah deklarasi Pemilu Damai 2024 itu dibacakan terlebih dahulu. Pembacaan naskah dipimpin Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari

Pembacaan naskah deklarasi oleh Hasyim kemudian ikuti oleh tiga pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md serta diikuti juga oleh 18 partai politik peserta Pemilu 2024.

Naskah itu berisi setidaknya tiga poin yang mesti ditaati para peserta Pemilu 2024. Mulai dari Pemilu yang diharapkan berjalan adil, damai, tanpa politik uang, hingga pelaksanaannya sesuai dengan aturan undang-undang.

"Naskah deklarasi Pemilu tahun 2024. Peserta Pemilu, satu, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, dan adil. Dua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi sara, dan tanpa politik uang," kata Hasyim.

"Tiga, melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," lanjut dia.

Sebelumnya, ketiga pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) juga telah terlebih dahulu meneken deklarasi kampanye damai, tertib, dan juga taat hukum peserta Pemilu 2024 oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Penandatanganan deklarasi kampanye damai, tertib, dan juga taat hukum peserta Pemilu 2024 dilaksanakan dalam Rapat Koordinasi (Rakornas)Sentra Penegakan Hukum Terpadu Pemilu (Gakkumdu) yang dihelat pada Senin (27/11/2023).

Dengan ini, ketiga pasangan capres dancawapres mendukung terselenggaranyaPemilu yang penuh damai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat