uefau17.com

Warga Sidoarjo Tenggelam Saat Mencari Ikan di Sungai Porong Ditemukan Tewas - Surabaya

, Sidoarjo - Warga Tanggulangin Sidoarjo yang tenggelam di Sungai Porong pada hari Senin 29 Mei 2023 malam, ditemukan tewas oleh tim SAR gabungan. Korban ditemukan meninggal dunia dengan jarak 500 meter dari lokasi awal kejadian.

“Setelah dievakuasi, jenazah korban dibawa ke RS Bhayangkara Pusdik Gasum Porong untuk penanganan lebih lanjut” jelas Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Haris Supardi, Rabu (31/5/2023).

Sebelumnya, pada Selasa 30 Mei Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya mendapatkan laporan tentang satu orang hilang tenggelam di Sungai Porong.

Plh Kepala Kantor SAR Surabaya M Zaenal Arifin selaku SAR Mission Coordinator (SMC) pencarian korban mengkonfirmasi hal tersebut.

“Kami mendapat telepon dari Pak Ruhan, bahwa kerabatnya atas nama M. Afis As’ad tenggelam saat mencari ikan pada hari Senin 29 Mei pukul 23.00 WIB," jelas Zaenal.

Menindaklanjuti laporan tersebut, satu Tim Rescue Kantor SAR Surabaya diberangkatkan dengan perlengkapan water rescue, dan satu unit perahu karet serta motor tempel menuju lokasi.

Sekitar pukul 11.35 WIB, tim yang tiba di lokasi kejadian langsung melakukan assesment di sekitar lokasi dan berkoordinasi dengan unsur SAR gabungan.

Upaya pencarian hari pertama dilakukan dengan menyisir sungai di sekitar lokasi tenggelamnya korban menggunakan tiga perahu karet milik Basarnas Surabaya, Tagana, dan BP Sidoarjo.

“Tim juga memanfaatkan perangkat sonar genggam yaitu Aqua Eye yang dapat digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya korban di dalam air," tambah Zaenal.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencarian Libatkan Sejumlah Unsur

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya, Haris Supardi, pencarian korban di hari pertama ini dihentikan sementara dengan hasil nihil dan akan dilanjutkan besok pagi.

"Rencana untuk esok hari, tim SAR gabungan akan menurunkan tim penyelam untuk pencarian di sekitar lokasi kejadian" imbuhnya.

Adapun unsur gabungan yang terlibat dalam pencarian ini antara lain Kantor SAR Surabaya, BPBD Provinsi, Polsek Porong, Polsek Gempol, Koramil Porong, Koramil Gempol, Polsek Jabon, BPBD Kab. Sidoarjo.

Tagana Sidoarjo, L.A.I, TSA, Rapijo, I.O.F, Rentan, Pemdes Ketapang, Pemdes Gempol, URC Forest, BP Sidoarjo, Pengurus Ponpes, dan masyarakat sekitar. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat