uefau17.com

Pelabuhan Ketapang Mulai Padat Penumpang Arus Balik Lebaran Idul Fitri Tujuan Bali - Surabaya

, Banyuwangi - Arus balik Lebaran penumpang dari Jawa menuju ke Bali mulai meningkat. Data PT ASDP Ketapang Banyuwangi, periode 23-24 April 2023 hingga pukul 08.00 Wib, jumlah penumpang yang menyebrang ke Bali sebanyak 32.139 orang. 

Jumlah tersebut tercatat lebih banyak dari hari sebelumnya pada periode yang sama, dengan total penumpang sebanyak 22.594 orang.

Sedangkan untuk kendaraan golongan II atau jenis sepeda motor, tercatat sebanyak 2.579 unit. Naik 1.603 unit dari hari sebelumnya yang hanya 976 unit. 

Sementara kendaraan golongan IV A atau mobil pribadi, ada sebanyak 3.807 unit yang menyebrang menuju ke Pelabuhan Gilimanuk Bali. 

Angka tersebut mengalami peningkatan sebanyak 682 unit dari hari sebelumnya yang hanya 3.182 unit pada periode sama dalam 24 jam terakhir.

General Manager PT ASDP Ketapang M Yasin membenarkan adanya, peningkatan penumpang arus balik sudah mulai terlihat.

"Iya penumpang yang menggunakan sepeda motor kita pastikan adalah pemudik yang balik," kata Yasin, Selasa (25/4/2023).

Sementara peningkatan mobil pribadi pihaknya belum bisa memastikan. "Kita belum bisa memastikan apakah itu pemudik yang kembali ke tempat perantauan atau warga yang berlibur ke Bali," ujar Yasin.

Namun menurut Yasin, tujuan para penumpang kapal itu dapat diidentifikasi dengan melihat kode huruf plat nomer kendaraannya.

“Kalau plat nomor dari Jakarta, Surabaya atau kota besar lain, kemungkinan adalah wisatawan yang akan berlibur ke Bali,” ungkap Yasin.

Tetapi, jika kode huruf plat nomer kendaraan itu adalah plat Bali (DK) atau Lombok (DR), maka kemungkinan besar adalah pemudik yang hendak balik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arus Balik Terjadi Beberapa Hari Kedepan

"Arus balik ini diprediksi akan terus terjadi selama beberapa hari ke depan," terang Yasin.

Otoritas pelabuhan memperkirakan aktivitas peningkatan kendaraan pada arus balik angkutan Lebaran 2023 akan terus terjadi dalam beberapa hari ke depan.

"Mengingat pada 26 April 2023 nanti instansi pemerintah dan swasta sudah kembali aktif seperti biasa," tandas Yasin.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat