uefau17.com

KPU Situbondo Optimistis Tahapan Coklit Pemilu 2024 Rampung Tepat Waktu - Surabaya

, Situbondo - Proses pencocokan dan penitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024 yang dilakukan petugas pemutahiran data pemilih atau pantarlih di Kabupaten Situbondo telah mencapai 90 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo Marwoto mengatakan, dengan capaian yang sudah 90 persen, pihaknya optimis proses coklit di Kabupaten Situbondo selesai tepat waktu yaitu 14 Maret 2023.

“Dari data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) sebanyak 539.013 orang yang dilakukan pencocokan dan penelitian oleh pantarlih, insya allah sepakan ke depan sudah rampung,” ujar Marwoto, Kamis (2/3/2023).

Setelah pelaksanan coklit data pemilih rampung, KPU Situbondo melaksanakan tahapan selanjutnya, yaitu menysuun data pemilih.

“Pada tahapan ini kami membutuhkan konsentrasi yang cukup, karena kan penyusunan data pemilih harus disesuaikan dengan tempat pemungutan suara (TPS) terdekat,” tambah Marwoto.

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan coklit data pemilih dari DP4 penting dilakukan karena ada masyarakat yang sudah meninggal dunia dan tempat tinggal jauh dari TPS juga masih terdata sehingga perlu diperbaiki.

Dari hasil Coklit, ada kemungkinan data pemilih bisa berkurang atau justru bertambah karena sejumlah faktor, yakni pemilih meninggal dunia, tercatat pemilih pemula dan anggota TNI/Polri yang sudah memasuki masa purnatugas.

“Untuk anggota TNI/Polri yang pensiun itu hak pilihanya dikembalikan karena sebelumnya mereka tidak punya hal pilih saat masih aktif berdinas,” tambahnya.

Marwoto menyebut, tahapan pelaksanaan perubahan penyusunan data pemilih berdasarkan hasil coklit juga diperkirakan rampung pada akhir Maret.

“Sedangkan pada bulan April 2023 akan dilakukan pemindahan data potensial hasil pencocokan dan penelitian pemilih menjadi data pemilih semementara,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat