uefau17.com

Kisah Pilu Rianti Cartwright Bersalin 19 Jam, Melahirkan Enggak Kayak Jalan-Jalan di Taman - ShowBiz

, Jakarta Pada 25 Juli 2020, Rianti Cartwright melahirkan bayi perempuan setelah hampir 10 tahun menanti momongan. Ia dan suami menamai putri mereka Cara Rose Kanaya Nainggolan.

Belum banyak cerita terkuak dari persalinan ini. Ditanya soal melahirkan, Rianti Cartwright menyebut ini pelajaran tentang menjadi rendah hati. Selama berbadan dua semua terasa lancar.

“Tekanan darah bagus, kesehatan bagus, kami berdua memutuskan melahirkan secara normal. Kami mengikuti kelas, di pikiran saya sudah ada bayangan gentle birth yang sangat cepat, indah, lancar pastinya,” cerita Rianti Cartwright.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pembukaan Satu

Yang terjadi pada Kamis 24 Juli 2020, Rianti Cartwright mengalami perdarahan. Ini salah satu indikasi fase persalinan telah tiba. Ditemani Cassanova Alfonso, Rianti Cartwright ke rumah sakit.

“Kami langsung ke rumah sakit, sampai rumah sakit baru pembukaan satu. Biasanya disuruh pulang tapi karena pandemi kami memutuskan check in di rumah sakit,” ujar bintang film Ayat-ayat Cinta.

3 dari 5 halaman

Tiba-tiba Ketuban Pecah

Dokter memperkirakan Rianti Cartwright bersalin keesokan harinya. Usai mendengarkan penjelasan dokter, Rianti Cartwright bersiap tidur. Saat itulah air ketuban pecah. 

“Pas mau tidur, tiba-tiba ketuban pecah. Oke harus langsung turun ke ruang persalinan, di situ kalau ketuban sudah pecah, kamu harus berbaring telentang,” Rianti Cartwright menjelaskan.

 

4 dari 5 halaman

Tengah Malam ke Jam 12 Siang

Rupanya proses persalinan tak sesederhana yang dibayangkan. “Dari pembukaan satu ketiga itu kalau enggak salah dari midnight sampai jam 12 siang. Itu baru pembukaan tiga,” urainya.

Momen ini membuat Rianti Cartwright teringat nasihat dari para sahabat bahwa melahirkan termasuk kontraksi tak semenyenangkan jalan-jalan di taman. Proses ini penuh perjuangan.

5 dari 5 halaman

Bedah Cesar Darurat

Berjam-jam berjuang, bintang sinetron Cinta Yang Hilang melewati pembukaan keempat, lima, enam, dan seterusnya. Dokter memberi peringatan jika sampai jam 19.00 belum tuntas, terpaksa banting setir ke bedah caesar.

“Rose baru lahir jam 18.50, jadi itu persalinan sekitar 19 jam. Dan kalau jam 19 belum lahir akan dilakukan bedah caesar darurat,” Rianti mengenang. “Itu mukjizat dia bisa lahir dengan keadaan seperti itu, dia juga lumayan berat 3,74 kg,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat