uefau17.com

Saham Tupperware Anjlok Usai Umumkan Terancam Bangkrut - Saham

, Jakarta - Saham di Tupperware telah jatuh ke level terendah setelah perusahaan penyimpanan makanan ikonik itu memperingatkan investor kalau perusahaan terancam bangkrut.

Dikutip dari cbc.ca, Rabu (12/4/2023), harga saham Tupperware merosot 50 persen pada Senin, 10 April 2023. Hal ini setelah perseroan mengumumkan telah menyewa penasihat keuangan untuk menjajaki opsi bagi Tupperware dan untuk memulihkan keraguannya mengenai kemampuan melanjutkan kelangsungan usaha.

Saham di Tupperware telah menurun selama bertahun-tahun karena model bisnis utama perusahaan berusia 77 tahun itu yang menjual langsung ke konsumen melalui tenaga penjualan konsumen tidak lagi disukai.

Namun, tren itu berbalik pada hari-hari awal pandemi COVID-19 karena popularitas makan yang tiba-tiba di rumah menyebabkan permintaan baru untuk produk intinya yaitu wadah penyimpanan makanan yang dapat ditutup dan digunakan kembali.

Tupperware membukukan sebagian besar pendapatannya dari penjualan perwakilan independen yang menjual produk dari pintu ke pintu. Berdasarkan catatan terakhir, ada lebih dari tiga juga tenaga penjual independen di lebih dari 70 negara di seluruh dunia.

Pada hari-hari awal pandemi COVID-19 menyebabkan lonjakan permintaan produknya. Saham naik hampir 3.000 persen dari USD 1,4 pada Maret 2020 menjadi hampir USD 40 per saham pada Januari 2021. Tupperware membukukan penjualan USD 489 juta pada kuartal IV 2020.

Namun, tren itu telah berbalik karena penjualan untuk kuartal I turun menjadi sekitar setengahnya USD 255 juta. Saham masing-masing berpindah tangan sekitar USD 2,5 di bursa saham New York pada pekan lalu, dan jatuh ke posisi USD 1,24 pada Senin, 10 April 2023 setelah berita itu rilis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

'Keraguan Substansial'

Masalah utama perseroan adalah beban utang yang membengkak menjadi USD 705 juta, lebih dari 10 kali nilai pasar perusahaan yang saat ini sedikit di atas USD 60 juta menurut pengajuan peraturan. Perusahaan gagal menyampaikan laporan tahunan pada tahun lalu membuatnya melanggar berbagai perjanjian dengan pemberi pinjamannya.

“Perusahaan saat ini memperkirakan bahwa jika tidak dapat memperoleh sumber modal yang memadai atau amandemen perjanjian kreditnya mungkin tidak memiliki likuiditas yang memadai dalam waktu dekat,” ujar Tupperware dalam siaran pers.

“Akibatnya perusahaan telah menyimpulkan ada keraguan substansial tentang kemampuannya untuk melanjutkan kelangsungan usahanya,”

Analis Citi Chasen Bender menuturkan, kreditur Tupperware tampaknya bekerja dengan perusahaan untuk memberikan ruang bernafas tetapi jalan ke depan tampaknya sangat tidak pasti. “Saham akan menghadapi hambatan selama masalah ini berlanjut, terutama karena masih ada pertanyaan tentang bisnis yang mendasari dan perputaran,”

 

3 dari 5 halaman

Penyebab Tupperware Terancam Bangkrut

Sebelumnya, Tupperware memperingatkan akan segera gulung tikar. Tupperware yang pernah menjadi produk pilihan yang ada di dapur masyarakat Amerika Serikat (AS) memperingatkan mungkin tidak memiliki cukup uang untuk bertahan.

Dikutip dari Fortune, ditulis Rabu (12/4/2023), dalam siaran pers, perusahaan mengatakan ada keraguan besar tentang kemampuannya untuk melanjutkan kelangsungan usahanya dan telah melibatkan penasihat keuangan untuk mengumpulkan dana.

“Tupperware telah memulai perjalanan untuk membalikkan operasi kami dan hari ini menandai langkah penting dalam mengatasi modal dan likuiditas,” ujar Presiden dan CEO Tupperware Brands, Miguel Fernandez.

Tupperware hadapi kemungkinan delisting karena gagal mengajukan laporan tahunan, demikian disampaikan perseroan. Adapun saham Tupperware telah anjlok 68 persen pada 2023. Tupperware akan mengajukannya dalam 30 hari ke depan. Akan tetapi, Tupperware menyatakan tidak ada jaminan formulir 10-K akan diajukan pada saat itu.

Penjualan Tupperware telah menurun selama bertahun-tahun, karena persaingan dalam bisnis wadah penyimpanan plastic telah meningkat secara dramatis dengan pesaing menawarkan produk dengan harga jauh lebih rendah. Namun, pada 2020, Tupperware melaporkan peningkatan penjualan tahun ke tahun pertamanya sejak 2017.

Tupperware mengatakan sedang bekerja untuk memperbaiki struktur modal dan likuiditas jangka pendek dan telah membawa penasihat untuk membantunya mencari investor atau mitra potensial. Selain itu juga meninjau portofolio real estate untuk potensi suntikan tunai.

“Perusahaan melakukan segala daya untuk mengurangi dampak peristiwa baru-baru ini, dan kami mengambil tindakan segera untuk mencari pembiayaan tambahan dan mengatasi posisi keuangan kami,” ujar Fernandez.

4 dari 5 halaman

Tupperware Dilanda Krisis, Saham Anjlok 50 Persen dan Karyawan Terancam PHK

Sebelumnya, merek kotak penyimpanan makanan, Tupperware tengah dilanda krisis ketika karyawannya terancam terkena PHK, juga sahamnya yang menurun drastis.

Melansir CNN Business, Selasa (11/4/2023) saham Tupperware turun hampir 50 persen pada hari Senin 10 April 2023 menyusul peringatan terkait kondisi finansialnya.

Dalam sebuah pengajuan peraturan, Tupperware mengatakan ada "keraguan substansial tentang kemampuan perusahaan untuk melanjutkan kelangsungannya," dan sedang berdiskusi dengan penasihat keuangan untuk menemukan pembiayaan agar tetap bertahan.

Perusahaan juga mengungkapkan tidak memiliki cukup uang untuk mendanai operasinya jika tidak mendapatkan uang tambahan.

Selain itu, Tupperware juga sedang menjajaki potensi PHK, dan sedang meninjau portofolio untuk upaya penghematan biaya.

Adapun New York Stock Exchange yang memperingatkan bahwa saham Tupperware terancam dihapus dari daftar karena tidak mengajukan laporan tahunan yang diwajibkan.

"Tupperware telah memulai perjalanan untuk membalikkan operasi kami dan hari ini menandai langkah penting dalam mengatasi posisi modal dan likuiditas kami,” kata CEO Tupperware Miguel Fernandez dalam siaran pers.

"Perusahaan melakukan segala daya untuk mengurangi dampak peristiwa baru-baru ini, dan kami mengambil tindakan segera untuk mencari pembiayaan tambahan dan mengatasi posisi keuangan kami," terangnya.

Diketahui, Tupperware yang telah menjalankan bisnisnya selama 77 tahun dalam beberapa tahun terakhir telah berjuang mempertahankan relevansinya terhadap para pesaing. 

Tupperware juga telah mencoba untuk melepaskan citranya yang tenang dengan menarik pelanggan yang lebih muda, menawarkan produk yang lebih baru dan lebih trendi.

5 dari 5 halaman

Posisi Genting

Beberapa krisis telah melanda Tupperware, termasuk penurunan tajam dalam jumlah penjual, penurunan konsumen pada produk rumah tangga, dan merek yang masih belum sepenuhnya terhubung dengan konsumen yang lebih muda, menurut Neil Saunders, analis ritel dan direktur pelaksana di GlobalData Pengecer.

Saunders mengatakan Tupperware berada dalam "posisi genting" secara finansial karena berjuang untuk meningkatkan penjualan, dan karena asetnya ringan, ia tidak memiliki "banyak kapasitas untuk mengumpulkan uang".

“Perusahaan ini dulunya merupakan sarang inovasi dengan gadget dapur pemecah masalah, tetapi sekarang benar-benar kehilangan keunggulannya," sebut dia.

Tupperware mengatakan bahwa produknya sudah masuk ke cabang ritel Target sebagai bagian dari reinvention merek, yang mencakup rencana untuk menumbuhkan bisnis melalui beberapa saluran ritel dan menampilkan produknya kepada konsumen yang lebih muda yang bahkan belum pernah mendengar tentang Tupperware (TUP).

Tapi upaya itu sejauh ini gagal: Saham Tupperware turun 90 persen selama setahun terakhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat