uefau17.com

Mengenal Benteng Marlborough, Tempat Wisata Bersejarah di Bengkulu - Regional

, Bandung - Indonesia tidak hanya terkenal sebagai negara dengan wisata alam indah tetapi juga menyimpan segudang sejarah yang berharga. Diketahui negara ini banyak menyimpan sejarah penting terutama ketika masa Belanda menduduki Indonesia.

Menikmati wisata sejarah juga menjadi destinasi liburan yang menarik karena tidak hanya membawa para wisatawan berjalan-jalan senang tetapi juga mendapatkan pengetahuan baru di tempat-tempat bersejarah tersebut.

Kemudian menikmati wisata bersejarah menjadi salah satu cara kita mengenang warisan budaya dan memahami peristiwa penting di negara kita. Di Indonesia ada banyak tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu peristiwa-peristiwa besar.

Salah satunya adalah Benteng Marlborough yang terkenal sebagai tempat wisata bersejarah menarik. Diketahui benteng ini merupakan benteng pertahanan yang terletak di Kota Bengkulu.

Melansir dari situs resmi Pariwisata Provinsi Bengkulu Benteng Marlborough merupakan peninggalan penjajahan Inggris dan termasuk sebagai benteng terbesar yang pernah dibangun oleh Inggris di Asia Tenggara.

Sebagai informasi Benteng Marlborough berada di tepi Pantai Tapak Paderi dan membelakangi Samudra Hindia. Bentengnya bisa diakses dengan mudah dari Bandara Fatmawati Soekarno.

Diketahui tempat bersejarah ini masih menjadi spot wisata menarik yang dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar kota. Kemudian suasana di sekitar bentengnya disebut asri dan menyimpan banyak saksi bisu kejadian dimasa lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lantas Apa Itu Benteng Marlborough?

Mengutip dari situs Pariwisata Prov Bengkulu Benteng Marlborough didirikan oleh East India Company (EIC) pada tahun 1713 hingga 1719 di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Joseph Callet sebagai benteng pertahanan.

Nama bentengnya juga dikenal dengan nama Fort Marlborough yang dipilih untuk mengenang seorang komandan militer Inggris bernama John Churchill. Komandan tersebut juga terkenal sebagai “The FIrst Duke of Marlborough”.

Pada tahun 1983 hingga 1984 Benteng Marlborough sempat dipugar oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Pendidikan. Sehingga pemerintah menjadikan bentengnya sebagai peninggalan sejarah di Bengkulu.

Diketahui Benteng Marlborough juga pernah dibakar, tetapi beberapa peninggalan-peninggalan semasa kepemimpinan Inggris dan Belanda di tempat ini masih terjaga hingga saat ini.

Sebagai tempat wisata bersejarah Benteng Marlborough tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga mempunyai suasana yang nyaman karena lokasinya yang menghadap ke laut.

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute Menuju Benteng Marlborough

Benteng Marlborough mempunyai luas sekitar 44.000 m2 dan menjadi peninggalan penjajahan Inggris yang berada di kota Bengkulu. Benteng ini terletak di Jalan Benteng, Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Sebagai tempat wisata bersejarah para pengunjung bisa mendatangi Benteng Marlborough pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu karena bisa diakses sekitar 1, 4 km atau 3 menit perjalanan.

Kemudian Benteng Marlborough juga berada di dekat Pantai Panjang sehingga menyajikan pemandangan alam yang indah dengan nuansa sejarah yang kental. Pengunjung juga bisa mengakses tempat ini dari Bandara Fatmawati dengan jarak 14,1 km atau 30 menit perjalanan.

Wisatawan yang ingin masuk ke area Benteng Marlborough bisa membayar tiket masuk sekitar Rp2.500 per orang belum termasuk dengan harga tiket parkir.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Benteng Marlborough

Sebagai tempat wisata yang indah dan penuh sejarah berikut ini adalah beberapa daya tarik yang jadi alasan untuk mengunjungi Benteng Marlborough:

1. Menyimpan sejarah peristiwa besar di Indonesia

Benteng Marlborough adalah saksi bisu dari peristiwa besar penuh sejarah di Indonesia. Pasalnya tempat ini sudah berdiri sejak masa penjajahan Inggris dan berfungsi sebagai benteng pertahanan pada masa itu.

2. Arsitektur yang megah

Sebagai tempat peninggalan sejarah Benteng Marlborough mempunyai desain arsitektur kolonial yang megah. Desain bentengnya berbentuk segi empat dengan empat bastion di setiap sudutnya.

Kemudian Benteng ini juga memiliki gerbang utama yang besar, parit pertahanan, hingga dinding yang tebal sehingga memperlihatkan bagaimana megahnya teknologi dan gaya militer kolonial pada masa itu.

3. Pemandangan laut yang indah

Benteng Marlborough berlokasi di tepi pantai dan menampilkan pemandangan Samudra Hindia yang mempesona. Pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar benteng sambil menikmati pemandangan laut dari benteng tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat