uefau17.com

Microsleep Sangat Berbahaya, Masih Banyak yang Anggap Sepele - Regional

, Medan Hutama Marga Waskita melakukan Operasi Microsleep dan Operasi Simpatik di Gerbang Tol Tebing Tinggi yang merupakan bagian dari Ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat).

Manager Pengendali Operasional Ruas Tol Kutepat, Sigit Prionggo mengatakan, Operasi Microsleep dilaksanakan pada Senin, 3 Juni 2024, malam. Operasi ini dilakukan untuk menekan resiko kecelakaan akibat mengantuk ketika pengendara berkendara di ruas tol yang dikarenakan human error.

"Microsleep ini sangat berbahaya, karena masih banyak yang menganggap ini merupakan hal yang sepele," kata Sigit, dalam keterangan diperoleh , Rabu (5/6/2024).

Diungkapkan Sigit, microsleep menjadi perhatian tersendiri bagi Hamawas terhadap pengendara. Hamawas akan melakukan Operasi Microsleep secara rutin untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jam rawan mengantuk.

"Operasi ini dilakukan bersama dengan Polisi Jalan Raya (PJR) Dirlantas Polda Sumut Unit 5 Kutepat," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Evaluasi dan Analisis Data

Kegiatan Operasi Microsleep ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dan analisis data. Microsleep adalah kondisi di mana seseorang tertidur selama beberapa detik tanpa disadari, dan hal ini telah menjadi penyebab utama sejumlah kecelakaan di jalan tol.

"Banyak pengendara yang mengalami microsleep akibat kelelahan ketika berkendara pada malam hari," Sigit menuturkan.

Maka dari itu kegiatan Operasi Microsleep ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan fatal akibat mengantuk ketika pengendara sedang berkendara di Ruas Tol Kutepat.

"Berdasarkan data yang kita dapatkan, banyak pengendara yang merasakan kantuk luar biasa ketika berkendara di malam hari. Kami harus mewaspadai kondisi ini, khususnya untuk para sopir truk dengan muatan besar," Sigit menyebutkan.

3 dari 5 halaman

Cek Kondisi Fisik Pengendara

Diterangkan Sigit, dalam operasi tersebut, para petugas memeriksa kondisi fisik pengendara, identitas pengendara dan penumpang, juga melakukan pengecekan terhadap kendaraan.

"Kita juga memastikan lokasi yang akan dituju serta melakukan pemasangan scotlight atau stiker pemantul cahaya di kendaraan dengan bermuatan besar, atau angkutan umum yang akan melintas Jalan Tol Tebing Tinggi," terangnya.

Diungkapkan Sigit, ada sekitar 60 lebih kendaraan yang dilakukan pengecekan selama kurang lebih 1,5 jam operasi ini berjalan. Pada momen tersebut pengelola Ruas Tol Kutepat memberikan imbauan serta bingkisan berupa snack, kopi dan tongkat E-Toll kepada para pengguna jalan.

"Bagi pengendara yang terindikasi mengantuk, diarahkan untuk beristirahat terlebih dahulu di kantor Gerbang Tol Tebing Tinggi," ungkapnya.

4 dari 5 halaman

Kampanye Keselamatan

Seorang pengguna jalan, Sagimin mengatakan, kegiatan Operasi Microsleep ini sangat baik dilakukan untuk para pengguna jalan yang akan memasuki ruas tol.

"Program ini sangat baik, karena dapat meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan dalam berkendara, khususnya bagi pengemudi yang akan masuk ke ruas tol," bebernya.

Operasi Microsleep termasuk dalam point kampanye keselamatan berkendara bertajuk SETUJU (Selamat Sampai Tujuan) yang dipelopori Hutama Karya. Sosialisasi ini dilakukan agar pengguna jalan dapat menjadikan poi-poin dalam kampanye SETUJU sebagai pedoman dalam berkendara.

5 dari 5 halaman

Patuhi Rambu Batas Kecepatan

Hamawas mengimbau kepada pengguna jalan agar dapat mematuhi rambu batas kecepatan yang telah ditentukan serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Pengendara juga diimbau senantiasa mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi dalam keadaan prima, tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk serta selalu mengutamakan keselamatan.

"Jangan lupa untuk selalu mengecek kecukupan saldo," Sigit menandaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat