uefau17.com

Tips Aman 'Solo Traveling', Momen Seru Mengenal Diri Sendiri - Regional

, Yogyakarta - Solo traveling adalah kegiatan bepergian yang hanya dilakukan seorang diri. Kegiatan ini telah menjadi tren populer di kalangan wisatawan.

Solo traveling biasanya dilakukan sebagai momen healing sekaligus untuk mengenal diri sendiri. Dengan solo traveling, seseorang akan lebih leluasa mengeksplorasi tempat-tempat baru dan menemukan petualangan yang tak terlupakan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan sendirian ini tetap aman. Berikut tips aman solo traveling seperti dikutip dari kemenparekraf.go.id:

1. Riset Destinasi

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya lakukan riset tentang destinasi yang akan dituju terlebih dulu. Pelajari budaya, tradisi, dan adat istiadat setempat agar siap beradaptasi dengan baik.

Tak ada salahnya juga untuk mengetahui cuaca, mata uang, sistem transportasi, dan kebiasaan lokal lainnya. Hal ini akan memudahkan untuk berkomunikasi dengan warga setempat.

2. Bawa Perlengkapan yang Tepat

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah perlengkapan, termasuk pakaian. Namun, pastikan hanya membawa perlengkapan yang sangat dibutuhkan saja.

Pastikan gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai cuaca. Penting juga untuk membawa obat-obatan pribadi dan perlengkapan kebersihan yang cukup.

3. Jaga Komunikasi dengan Orang Terdekat

Bepergian sendiri tak lantas menghilang dari jangkauan orang-orang terdekat. Tetap jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat dan ceritakan rencana perjalananmu. Bila perlu, berikan salinan itinerary, termasuk nomor kontak hotel.

4. Kenali Batasan

Kenali batasan dan kemampuan fisik diri sendiri. Tidak perlu memaksakan diri dengan melakukan kegiatan yang berlebihan. Terpenting, jaga kesehatan dan kondisi tubuh selama melakukan perjalanan agar tetap bugar dan prima.

5. Waspada

Keamanan adalah prioritas utama saat solo traveling. Tingkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati dengan barang-barang berharga, seperti paspor, uang, dan perangkat elektronik.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat