uefau17.com

20 Istilah yang Sering Digunakan Kpopers - Regional

, Yogyakarta - Saat ini, pencinta Kpop atau Kpopers semakin menjamur. Mereka juga memiliki beragam istilah yang hanya dipahami oleh para penggemar idol Kpop.

Perkembangan musik Kpop pun tak hanya berhasil menarik para remaja, melainkan juga dari beragam usia dan latar belakang. Tak hanya membahas tentang judul lagu dan gerakan dance, mereka juga kerap membicarakan proyek grup dengan istilah-istilah tertentu.

Istilah ini digunakan di media sosial maupun di kehidupan nyata. Berikut beberapa istilah Kpopers:

1. Aegyo

Istilah aegyo digunakan untuk memgungkapkan ekspresi imut layaknya anak kecil. Para penggemar K-pop kerap meminta idola mereka melakukan gerakan aegyo. Tak jarang, beberapa idol merasa geli saat diminta melakukan aegyo.

2. Akgae

Akgae adalah kata yang berasal dari istilah Korea akgae fan atau penggemar buta. Dalam konteks K-pop, akgae merujuk pada seorang penggemar yang hanya mendukung satu anggota dalam grup dan sering kali menunjukkan antipati terhadap anggota lainnya.

3. Bias Wrecker

Saat menjadi penggemar sebuah grup, tentu seseorang akan memiliki bias atau anggota yang paling disukai. Berbeda dengan akgae, bias hanya merupakan idol yang paling disukai tanpa mendiskreditkan anggota lain.

Adapun istilah bias wrecker digunakan untuk menyebut anggota grup yang tak disangka dapat menarik perhatian. Bahkan, bias wrecker terkadang bisa menggantikan posisi bias utama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Comeback

4. Comeback

Comeback adalah waktu kembalinya grup untuk merilis karya terbaru setelah beberapa waktu. Setiap grup memiliki jadwal dan konsep comeback tersendiri yang menjadi ciri khas masing-masing.

5. Daesang

Daesang adalah penghargaan tertinggi yang bisa diterima idol. Daesang menjadi pencapaian penting untuk suatu grup, terlebih di bidang musik yang mereka geluti.

6. Disband

Disband adalah istilah yang mengacu pada grup yang bubar atau berhenti tampil bersama. Alasan disband yang paling sering adalah selesainya kontrak eksklusif dengan agensi.

7. Dance Break

Dalam penampilan sebuah grup, bagian di mana para anggotanya hanya menari tanpa bernyanyi disebut sebagai dance break. Dance break sering kali menjadi fokus tarian dalam sebuah penampilan.

 

3 dari 5 halaman

Fandom

8. Fandom

Fandom adalah komunitas yang diisi oleh penggemar-penggemar grup tertentu. Setiap grup memiliki nama fandomnya masing-masing.

9. Fan Chant

Fan chant dalam K-Pop adalah kalimat atau teriakan yang biasanya diucapkan penggemar saat melihat idola mereka tampil. Fan chant berisi kata tertentu, potongan lirik, atau nama-nama anggota salah satu grup K-pop.

10. FSFS

FSFS adalah cara singkat untuk menyebut fan sign, yakni sebuah acara rutin yang diselenggarakan agensi untuk promosi karya terbaru. Fan sign juga menjadi ajang mendekatkan grup dengan penggemarnya.

Untuk mengikuti fan sign, penggemar harus mengikuti aturan yang sudah dibuat oleh agensi. Mereka juga harus membeli album untuk dapat dipilih sebagai peserta fan sign.

11. Line

Line digunakan untuk mengelompokkan anggota band yang serupa, misal maknae line, rapper line, atau vocal line. Line juga digunakan untuk mengelompokkan idol yang seusia, misalnya Line 97 (97L).

 

4 dari 5 halaman

LSLS

12. LSLS

LSLS atau light stick merupakan identitas suatu fandom. Setiap grup Kpop memiliki desain lightstick tersendiri.

Light stick juga dihiasi dengan lampu berbagai warna. Umumnya, penggemar juga suka menambahkan aksesori pada light stick mereka.

13. Maknae

Maknae merupakan anggota termuda dalam grup K-Pop. Maknae dalam grup biasanya lebih dari satu orang yang nantinya akan masuk ke dalam maknae line.

14. OP

Istilah OP merupakan singkatan dari original poster, yakni seseorang yang menjadi sumber utama berita. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan masyarakat Korea yang sangat menjaga identitas asli mereka. Istilah OP digunakan agar identitas sumber tetap anonim dan rahasia.

15. OT

OT atau one true adalah istilah yang didedikasikan untuk penggemar yang mendukung semua anggota dalam satu grup. Namun untuk kasus OT ini, penggemar cenderung tidak memiliki satu bias.

 

5 dari 5 halaman

PC

16. PC

PC adalah singkatan dari photocard yang biasanya terdapat di dalam album ataupun merchandise terpisah. Photocard tidak dijual satuan, sehingga tergolong eksklusif.

17. Sasaeng

Sasaeng adalah istilah yang mengacu pada penggemar yang telah melewati batas atau disebut penguntit. Sasaeng sangat dibenci oleh penggemar karena melanggar privasi idol.

18. Stan

Stan adalah istilah untuk penggemar yang berdedikasi tinggi dalam mendukung grup idolanya. Mereka biasanya membeli album, rajin streaming musik, membeli merchandise, hingga menonton segala konten sang idola.

19. Sub-unit

Sub-unit adalah grup dalam grup K-pop yang lebih besar. Misalnya, dalam sebuah grup terdapat dua atau tiga anggotanya yang membuat proyek sendiri, maka mereka disebut sub-unit.

20. Trainee

Trainee adalah masa latihan untuk para calon idol sebelum debut. Setiap idol melewati durasi trainee yang berbeda.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat