uefau17.com

Apa Itu Fitur Grok di X? Begini Cara Pakainya - Regional

, Yogyakarta - Media sosial X (dulu Twitter) baru saja meluncurkan fitur baru bernama Grok. Fitur Grok X merupakan fitur Stories yang dapat merangkum trending topik di platform tersebut.

Saat ini, fitur Grok hanya tersedia untuk pengguna X Premium. Dalam cuitan akun tim rekayasawan X, fitur terbaru X ini diberi nama Stories on X.

"Lihat apa yang dunia tengah perbincangkan dengan Stories on X, dikurasi oleh @grok. Kini tersedia untuk pelanggan Premium pada tab Explore!" tulis akun @XEng.

Selain pengguna X Premium, Stories on X juga hanya bisa diakses melalui web dan iOS. Untuk pengguna X Twitter level basic dan tak berbayar belum dapat menjajal fitur ini.

Fitur Grok bekerja dengan berbasis pada cara kerja alat kecerdasan buataan (AI) generatif. Grok akan mengumpulkan informasi dari unggahan pengguna X untuk menghasilkan ringkasan informasi.

Sebagian hasil kurasi Grok yang akan ditampilkan berfokus pada artikel berita yang sedang trending. Selain itu, Grok juga akan merangkum dari ringkasan percakapan antar pengguna X.

Cara menggunakan fitur Grok cukup mudah. Bagi pengguna X Premium hanya perlu login pada perangkat iOS atau website.

Kemudian pilih ikon kotak dengan simbol slash (garis miring) di dalamnya. Ikon ini terletak di bagian bawah tengah, atau berada di antara ikon Search dan Notifications.

Saat memasuki fitur ini, AI generatif sudah memunculkan beragam rangkuman informasi berita pada tab For You. Misalnya, topik tentang lagu Euphoria milik Kendrick Lamar yang memecahkan rekor Spotify, maka isi dari topik itu adalah rangkuman informasi yang dikumpulkan Grok dari cuitan para pengguna X.

Menariknya, chatbot AI di fitur Grok ini bisa bercanda menggunakan teks dengan nada dan sentuhan humor. Sehingga, pengguna X mungkin akan menemukan kata-kata yang sedikit nyeleneh.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat