uefau17.com

Kondisi Terkini Gunung Ruang, Warga Diminta Waspadai Paparan Abu Vulkanik - Regional

, Sitaro - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali melaporkan kondisi terkini Gunung Ruang yang berada di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut.

“Hingga Kamis 9 Mei 2024, pukul 06.00 Wita, status Gunung Ruang masih berada di Level IV Awas,” ungkap Kepala PVMBG Hendra Gunawan melalui Petugas Pemantau Gunung Ruang Farid Ruskanda Bina pada, Kamis pagi.

Dia memaparkan, kondisi cauaca di sekitar Gunung Ruang cerah, angin bertiup lemah ke arah timur. Untuk suhu udara 25.5-26.5 °C.

“Secara visual gunung tampak jelas. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 200-400 m di atas puncak kawah,” ujarnya.

Untuk kegempaan, terjadi 2 kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 7-8 mm, durasi 18-20 detik. Tremor menerus atau microtremor terekam dengan amplitudo 2-4 mm.

“Terkait kondisi ini, maka ada sejumlah rekomendasi yang kami keluarkan. Pertama adalah masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 5 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang,” ujarnya.

Selanjutnya, masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 5 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 5 km.

“Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan,” tuturnya.

Dia juga berharap, masyarakat di sekitar Gunung Ruangberaktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui kanal informasi yang terpercaya.

“Pemerintah daerah, BPBD Provinsi Sulut dan BPBD Kabupaten Kepulauan Sitaro agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro,

Sulut atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung,” dia memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat