uefau17.com

Mengenal Seoul National University (SNU), Universitas Terbaik di Korea Selatan - Regional

, Bandung - Baru-baru ini Seoul National University (SNU) ramai jadi perhatian publik melalui acara reality show Korea bertajuk “University War”. Acara ini ramai dibahas warganet Indonesia dan menjadi trending di media sosial X (sebelumnya Twitter).

Melansir dari sejumlah unggahan di media sosial, para warganet ramai membahas salah satu peserta University War bernama Hyun Bin. Diketahui Hyunbin merupakan salah satu peserta yang berasal dari Seoul National University.

Selain itu, kampus ini juga meraih juara pertama dalam acara tersebut setelah mengalahkan Universitas Korea dan berhasil mendapatkan gelar universitas terpintar. Sebagai informasi, Seoul National University merupakan salah satu kampus paling bergengsi di Korea.

Mengutip dari situs Times Higher Education, Seoul National University meraih ranking pertama di Korea Selatan sebagai kampus terbaik. Sementara itu, secara global di tahun ini, SNU meraih ranking ke-62 dan di tahun 2023 lalu meraih ranking ke-56 di dunia.

SNU merupakan kampus favorit dan idaman banyak siswa di Korea Selatan dan siswa dari luar negeri. Pasalnya, kampus ini telah diakui sebagai universitas yang menghasilkan banyak lulusan terbaik.

Tentunya untuk bisa masuk ke kampus ini terdapat tes yang harus dilakukan dengan sangat kompetitif. Maka dari itu, banyak orangtua di Korea Selatan yang mendaftarkan anaknya kursus belajar dengan harapan sang anak bisa masuk ke kampus ternama tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lantas Apa Itu Seoul National University?

Melansir dari beberapa sumber Seoul National University merupakan sebuah universitas yang telah berdiri sejak 1946. Kampus ini selalu menjadi kampus nomor satu di negeri asalnya dan diakui sebagai kampus yang menghasilkan lulusan terbaik secara nasional dan internasional.

Seoul National University atau biasa disebut SNU berlokasi di 1 Gwanak-ro, Gwanak-gu, Seoul, Korea Selatan. Tempat ini berdiri di lahan seluas 1,729 hektar dan berisikan lebih dari sekitar 200 gedung yang terletak di atas gunung.

Kampusnya juga dikenal sebagai kampus nomor satu di Korea dan memiliki bangunan indah dan megah. SNU juga menjadi kampus yang melatih siswanya untuk bisa bekerja hingga hidup di lingkungan global yang semakin kompetitif.

Siswa yang ingin masuk ke kampus ini juga harus melalui serangkaian tes dan bahkan pelajar yang bisa masuk ke SNU hanya sekitar 2,5% dari total pendaftarnya. Kemudian pengajar di kampus ini juga berasal dari pengajar yang memiliki kualitas baik dan lulusan kampus ternama di seluruh dunia.

3 dari 4 halaman

Kelebihan Seoul National University

Melansir dari situs resmi Seoul National University mereka memiliki sejumlah kelebihan yang menjadikan kampus tersebut unggul di antara kampus lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

1. Pendidikan Kelas Dunia

SNU sejak awal disebutkan sebagai universitas yang melahirkan pendidikan liberal dan menumbuhkan kecintaan belajar seumur hidup kepada siswanya. Mereka berkomitmen untuk bisa mempersiapkan siswanya untuk bisa belajar dan hidup dalam lingkungan global yang kompetitif.

Selain itu SNU melatih para siswa paling berprestasi di Korea dalam berbagai bidang program yang ada di kampusnya mulai dari program sarjana, magister, hingga doktoral. Kampus ini juga memiliki ujian masuk yang sangat kompetitif sehingga siswanya adalah orang-orang terpilih dengan kualifikasi tinggi.

Para pengajar yang berada di kampus ini juga 95% memiliki gelar doktor yang diperoleh dari universitas bergengsi di seluruh dunia.

2. Jaringan Alumni Luar Biasa

SNU diketahui sebagai salah satu kampus yang memiliki jaringan alumni sangat luar biasa. Lulusan dari SNU mencakup dari tokoh-tokoh penting di semua sektor di Korea dan komunitas internasional.

Misalnya saja di tahun 2017 satu dari empat CEO dari 100 perusahaan teratas di Korea dan 72% hakim di Mahkamah Agung Korea adalah alumni SNU. Kemudian 60% menteri pemerintah dan sekitar setengah anggota Majelis Nasionalnya juga berasal dari alumni SNU.

4 dari 4 halaman

Kelebihan Seoul National University

3. Riset Tercanggih

Sebagai hasil dari komitmen SNU dalam mendorong lingkungan penelitian yang produktif adalah banyaknya departemen dan lembaga penelitian di kampus tersebut. Khususnya di bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan Alam yang kini diakui secara global atas penelitian mutakhir mereka.

Diketahui mereka ditempatkan dalam 20 besar dalam hal publikasi dan sitasi Scientific Citation Index (SCI). Indeks Kualitas Kapasitas Penelitian berdasarkan jumlah sitasi karya ilmiah menunjukan bahwa SNU sebanding dengan 10-30 universitas terbaik di Amerika Serikat.

4. Reputasi Global dan Kehidupan Kampus yang Baik

Seoul National University telah berdiri sejak tahun 1946 dan menjadi kampus yang memiliki reputasi sangat bergengsi baik secara nasional dan global. Kampus ini sudah lama menjadi kampus ternama di Korea Selatan.

Selain itu SNU juga memiliki kekayaan sumber daya akademik dengan budaya yang berharga. Mereka kerap menggelar kuliah umum hingga forum sebagai acara sehari-hari yang dihadiri oleh pembicara internasional ternama.

Kampus ini juga mempunyai dua museum yang telah diakui secara nasional dan memberikan sejumlah fasilitas yang membuat kehidupan kampus jauh lebih baik. Misalnya fasilitas pusat kesehatan, layanan konseling, pusat rekreasi, pusat olahraga, dan lain-lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat