uefau17.com

Sejarah Hari Gizi Nasional 2024, Berikut Temanya - Regional

, Bandung - Masyarakat Indonesia hari ini tengah memperingati Hari Gizi Nasional yang dirayakan setiap tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Pada peringatan tahun ini Hari Gizi Nasional tengah merayakan peringatannya yang ke-64.

Peringatan Hari Gizi Nasional menjadi perayaan yang sangat penting terutama bagi masyarakat. Pasalnya, dengan memperhatikan gizi, masyarakat akan hidup menjadi lebih sehat dan anak-anak terhindar dari stunting.

Melansir dari situs resmi Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengusung tema “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting”.

Kemudian pada perayaan tahun ini juga mempunyai slogan “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas”. Diketahui pemilihan tema tersebut berdasarkan dari permasalahan yang saat ini masih menjadi masalah serius di Indonesia.

Maka dari itu salah satu cara dalam mengatasi stunting pada anak adalah dengan memberikan MP-ASI atau Makanan Pendamping ASI kepada bayi. Selain itu para orang tua juga disarankan untuk memberikan anaknya jumlah protein hewani yang cukup.

Mengingat protein hewani mengandung asam amino esensial yang baik untuk tubuh manusia. Bahkan, semakin tinggi serta baik kualitas proteinnya maka semakin tinggi pula kadar insulin sebagai mediator pembentukan matriks tulang.

Sementara itu, protein hewani juga dapat ditemukan dari berbagai jenis makanan misalnya daging sapi, daging ayam, hati sapi, berbagai jenis ikan, telur, hingga susu. Melalui peringatan ini diharapkan masyarakat bisa lebih menyadari bagaimana pentingnya gizi untuk anak.

Terutama dengan memberikan gizi yang baik sedini mungkin dengan menerapkan MPASI yang kaya protein hewani dengan baik. Selain membuat anak semakin sehat, kesadaran tersebut juga membantu mencegah stunting dan menghasilkan generasi emas di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Gizi Nasional

Melansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI Hari Gizi Nasional ditetapkan pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Penetapan tersebut tidak lepas dari peran Prof Poorwo yang dikenal sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR).

Diketahui pada tahun 1950 saat itu Menteri Kesehatan Dokter J Leimena Bapak Gizi Indonesia mengangkat Prof Poorwo Soedarmo sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR).

Tidak lama dari pengangkatan tersebut Prof. Poorwo Soedarmo setahun kemudian ia membangun Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR. Sekolah tersebut berdiri tepat pada tanggal 25 Januari 1951 dan menjadi awal mula pengkaderan gizi di Indonesia.

Melalui kehadiran sekolah tersebut pendidikan tenaga gizi semakin berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Sehingga penetapan Hari Gizi Nasional mempunyai latar belakang dari berdirinya sekolah tersebut.

Sebagai informasi, Hari Gizi Nasional pertama kali diperingati oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960. Kemudian, pada tahun 1970-an peringatan tersebut diambil alih oleh Direktorat Gizi Masyarakat hingga saat ini.

3 dari 3 halaman

Lantas Apa Tujuan Hari Gizi Nasional?

Peringatan Hari Gizi Nasional tentunya mempunyai tujuan untuk meningkatkan komitmen berbagai pihak dalam bersama-sama membangun gizi agar bangsa menjadi sehat berprestasi karena gizi yang seimbang.

Mengingat sampai saat ini di beberapa daerah bahkan masih ada yang mengalami persoalan gizi buruk. Sehingga, dengan adanya peringatan ini pemerintah dan masyarakat bisa menyadari bagaimana pentingnya gizi seimbang.

Perlu diketahui gizi merupakan unsur yang penting dibutuhkan oleh tubuh manusia terutama untuk perkembangan, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan, hingga fungsi-fungsi lainnya agar tubuh manusia sehat.

Selain itu, jika seseorang mengalami kekurangan gizi bisa berakibatkan pada berbagai masalah kesehatan dan memengaruhi kualitas hidup dari manusia itu sendiri. Sehingga, penting bagi kita sebagai manusia menjaga gizi seimbang dan mengonsumsi asupan nutrisi baik untuk tubuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat