uefau17.com

Fitur dan Keunggulan Discord, Aplikasi yang Viral karena Kasus Perselingkuhan - Regional

, Yogyakarta - Baru-baru ini, aplikasi Discord viral usai mencuatnya kasus perselingkuhan yang dibongkar seleb TikTok Ira Nandha. Melalui Instagram Story, ia membeberkan bukti chat perselingkuhan suaminya, Elmer, dengan seorang perempuan bernama Bella Damaika.

Kisah perselingkuhan melalui aplikasi chatting Discord ini pun langsung viral di media sosial. Aplikasi ini sebenarnya bukanlah aplikasi baru bagi para komunitas gamer.

Mengutip dari berbagai sumber, Discord merupakan platform chat dan suara yang dikembangkan pada 2015. Awalnya, aplikasi ini ditujukan untuk gamer agar dapat berkomunikasi selama bermain game. 
Seiring berjalannya waktu, Discord berkembang menjadi media komunikasi yang lebih luas. Tak hanya gamer, aplikasi ini juga digunakan oleh berbagai kelompok komunitas.

Perkembangan Discord tak terlepas dari berbagai fitur dan keunggulan yang dimilikinya. Berikut beberapa fitur dan keunggulan aplikasi Discord:

1. Obrolan Grup

Fungsi utama Discord adalah menyediakan obrolan grup. Menariknya, pengguna bisa bergabung dengan server yang relevan dengan minat dan hobi mereka, misalnya game tertentu, komunitas seni, pencinta anime, atau kelompok studi.

Keunggulan lainnya adalah, pengguna dapat membagi obrolan di dalam grup sesuai dengan tema yang diinginkan. Sebagai contoh, grup komunitas seni dapat membagi obrolan untuk tiap proyek, sehingga obrolan akan lebih tertata dan terstruktur.

Sama seperti aplikasi chat lainnya, pengguna Discord juga bisa berinteraksi dengan anggota lain melalui teks, gambar, video, atau emoji. Selain melalui teks, mereka juga bisa melakukan panggilan suara dan video.

2. Berintegrasi dengan aplikasi lain

Salah satu aspek unik Discord adalah dapat berintegrasi dengan aplikasi lain, termasuk game. Beberapa pengembang game telah mengintegrasikan Discord ke dalam permainan mereka, sehingga pengguna dapat mengakses fitur chat dan suara tanpa harus meninggalkan permainan.

Selain dengan game, Discord juga dapat terintegrasi dengan Spotify, YouTube, Twitch, dan lainnya. Ini memungkinkan pengguna untuk berbagi konten multimedia, mendengarkan musik bersama, menonton streaming langsung, dan berbagi pengalaman secara real-time.

3. Bot dan Peran

Fitur dan keunggulan lain dari Discord adalah adanya dukungan penggunaan bot dan peran. Fitur ini memberikan fungsionalitas tambahan ke server.

Bot dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas, seperti memutar musik, memberikan informasi, atau mengatur permainan. Sementara itu, fitur Peran memungkinkan pengguna dalam server untuk memiliki hak akses yang berbeda, seperti moderator, admin, atau anggota biasa.

4. Kemudahan Akses

Discord dapat diakses melalui berbagai perangkat, termasuk komputer, gawai, maupun tablet. Hal ini memudahkan pengguna untuk tetap terhubung dan berkomunikasi di mana saja.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat