uefau17.com

Perjalanan Andriyansyah Pemain Lokal Debut di PSIM Yogyakarta - Regional

, Yogyakarta - Pemain lokal Yogyakarta Andriyansyah akhirnya menjalani debut profesional pertamanya bersama PSIM Yogyakarta dalam lanjutan Liga 2 2023/2024 melawan Persikab Bandung, Senin (18/12/2023) kemarin.

Andriyansyah memulai debutnya dari bangku cadangan sebagai pemain pengganti di babak kedua. Ia masuk menempati posisi bek kanan yang notabene bukan posisi aslinya.

Pemain berusia 22 tahun itu sejak awal berposisi sebagai gelandang, namun persaingan yang cukup ketat di posisi tersebut membuatnya harus belajar main di posisi lain agar bisa mendapat menit bermain.

“Tentunya sangat bersyukur, alhamdulillah dikasih kepercayaan sama pelatih. Untuk pertandingan tadi tensinya cukup tinggi. Saya bermain sebagai bek kanan, tapi aslinya saya gelandang. Semoga saya lebih bisa memaksimalkan setiap pertandingan lagi,” kata Andriyansyah selepas laga PSIM.

Kendati begitu baginya hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Bermain di posisi manapun dia akan memberikan 100 persen kemampuannya. Sebab, semakin banyak posisi yang bisa dimainkan, semakin besar pula peluang mendapat menit bermain, sekaligus kariernya semakin panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gabung Sejak Musim Lalu

Andriyansyah sejatinya sudah bergabung dengan tim berjuluk Laskar Mataram itu sejak musim lalu. Ia diboyong dari Tim Porda Kabupaten Bantul oleh Imran Nahumarury yang saat itu menjabat sebagai pelatih.

Beberapa laga berselang, PSIM mencopot Imran digantikan dengan Erwan Hendarwanto sebab hasil yang kurang maksimal di awal musim. Pemain yang dipanggil Andri itu pun berlatih di bawah asuhan Erwan. Sejak saat itu, ia pun diberi peran lain sebagai bek sayap.

Hanya saja, pemain yang pernah membela Sleman United itu baru pertama kali menjalani debutnya di era PSIM dilatih oleh Kas Hartadi.

Alasan PSIM memboyong Andriyansyah saat itu terbilang cukup menarik. Cerita itu dimulai saat persiapan pramusim kompetisi Liga 2 2022/2023. Laskar Mataram menjajaki semua tim Porda di DIY untuk laga uji coba.

Dari sekian tim yang dijajaki PSIM, Andriyansyah yang bersama Porda Bantul kala itu mencuri perhatian Imran Nahumarury saat uji coba di Stadion Sultan Agung.

Pemuda kelahiran 2001 tersebut berhasil mencetak dua gol ke gawang PSIM, masing-masing satu gol dicetak lewat tendangan bebas, dan satu gol lainnya dicetak lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Skor akhir laga itu dimenangkan PSIM 5-2.

 

3 dari 3 halaman

Perjalanan Karier

Kiprah Andri di sepak bola dimulai saat membela Popwil DIY pada 2018 silam. Bakatnya pun tercium oleh klub Liga DIY Protaba Bantul pada 2019. Sejak saat itu ia pun memiliki banyak pengalaman tampil di kasta ketiga Liga Indonesia.

Setahun kemudian Andri bermain untuk Persiba Bantul, sayangnya pada tahun tersebut pandemi Covid-19 melanda dan membuat ia urung bermain penuh. Setelah vacum karena pandemi, tahun 2021 lalu, Andri diboyong ke JK United di regional, dan dibawa Sleman United yang tampil di nasional.

Nama: Andriyansyah

TTL: Bekasi, 6 Juni 2001

Tinggi badan:168 sentimeter

Berat badan:58 kg

Karir klub: Popwil DIY (2018)

Protaba FC (2019)

Persiba Bantul(2020)

JK United (2021)

Sleman United (2021)

PSIM Yogyakarta (2022-sekarang)

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat