uefau17.com

Mengenal Mayor Teddy, Ajudan Menhan Prabowo Subianto - Regional

, Bandung - Sosok Mayor Teddy yang dikenal sebagai ajudan Menteri Pertahanan (Menhan) dan Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto saat ini menjadi sorotan publik. Pasalnya, Mayor Teddy terlihat hadir dalam acara debat capres yang digelar KPU sebelumnya.

Melalui video yang beredar Mayor Teddy terlihat duduk dalam barisan pendukung Prabowo Subianto dan mengenakan pakaian dengan warna yang sama. Sehingga, hal tersebut membuatnya jadi perhatian publik.

Sementara itu melansir dari tni.mil.id dijelaskan, bahwa kehadiran Mayor Teddy dalam acara tersebut tidak melanggar aturan. Karena, ia hanya menjalankan tugas sebagai ajudan dan tidak mewakili institusi TNI atau kepentingan pribadi.

"Dia hanya ajudan yang menjalankan tugas mengikuti kegiatan Menhan. Tidak mewakili institusi TNI atau kepentingan pribadi. Ajudan selalu melekat ikut kegiatan Menhan, yang bersangkutan hanya menjalankan tugas sebagai ajudan, tidak lebih," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono.

Mengutip dari Antara, Laksamana TNI Yudo Margono ketika masih menjabat sebagai Panglima TNI sempat ditanya terkait status ajudan atau sekretaris pribadi dari prajurit yang bertugas mendampingi pejabat publik yang juga peserta pemilu.

Ia menjelaskan bahwa TNI akan membuat aturan teknis untuk menjamin para prajurit tetap netral ketika menjalankan tugasnya sebagai ajudan. Sementara itu, ketika Julius ditanya terkait aturan tersebut ia menjawab bahwa sejauh ini belum ada aturan khusus yang mengatur terkait ajudan yang mendampingi pejabat publik sekaligus capres atau cawapres.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Mayor Teddy

Melansir dari beberapa sumber, Mayor Teddy mempunyai nama lengkap Teddy Indra Wijaya. Ia merupakan perwira TNI yang tergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan alumni dari SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah.

Setelah lulus dari SMA Teddy kemudian melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer (Akmil) dan lulus pada 2011. Tiga tahun kemudian karier Teddy mulai bersinar karena ketika masih berpangkat Letnan Satu (Lettu) ia dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi.

Posisinya sebagai ajudan Presiden Jokowi tersebut berlangsung dalam periode pertama kepemimpinannya yaitu periode 2014-2019. Adapun Mayor Teddy kemudian meneruskan pendidikan militernya di Amerika Serikat (AS).

3 dari 4 halaman

Menempuh Pendidikan di Amerika Serikat

Teddy telah menempuh pendidikan di Amerika Serikat dan meraih prestasi yang cukup cemerlang. Ia berhasil meraih tab ranger yang menandakan bahwa ia memenuhi kualifikasi sebagai pasukan elite Angkatan Darat AS atau US Army Ranger School.

Sebagai informasi Ranger School merupakan program sekolah pasukan elite di Angkatan Darat AS. Sekolah ini juga menerapkan sistem gugur yang setiap minggunya siswa akan menjalani sejumlah tes.

Tes tersebut mulai dari kemampuan fisik, navigasi darat, taktikal tes, hingga kepemimpinan. Selain itu, persentase kelulusan di sekolah tersebut berkisar dari 20 hingga 25 persen dari jumlah total siswa.

Teddy kemudian menjadi lulusan terbaik US Army Infantry School di Fort Benning, AS pada November 2019. Diketahui Teddy meraih predikat International Honor Graduate di antara 185 perwira siswa yang terdiri dari 171 perwira Amerika dan 14 perwira asing.

4 dari 4 halaman

Menjadi Ajudan Menteri Pertahanan

Setelah kembali ke Indonesia Teddy saat ini mempunyai pangkat sebagai Mayor dan dipercaya menjadi ajudan Menteri Pertahanan yaitu Prabowo Subianto. Prabowo juga pernah menyinggung tentang Teddy dalam satu kesempatan.

Saat itu Prabowo tengah berpidato selama puluhan menit dalam acara doa yang digelar di Lebak, Banten. Prabowo kemudian meminta izin untuk menghentikan pidatonya karena sudah dipelototi oleh ajudannya.

“Saudara-saudara, saya sudah dipelototin oleh ajudan saya. Berdiri di depan saya ini matanya melotot,” kata Prabowo.

Kemudian Prabowo menyampaikan jika ajudannya tersebut dulu bekerja sebagai ajudan Presiden Joko Widodo. Namun saat ini Mayor Teddy justru ditunjuk sebagai ajudannya yang juga seorang Menteri Pertahanan.

“Dulu beliau ini ajudannya Pak Jokowi, tapi Pak Jokowi entah punya niat baik kepada saya, ajudannya ini dikasih ke saya,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat