uefau17.com

Profil Ragnar Oratmangoen, Calon Pemain Timnas Naturalisasi Kelahiran Belanda - Regional

, Bandung - Pemain sepak bola Ragnar Oratmangoen baru-baru ini menjadi sorotan publik karena disebut-sebut sebagai pemain yang akan dinaturalisasi Timnas Indonesia. Pemain sepak bola berusia 25 tahun tersebut sempat bercerita terkait proses naturalisasinya yang maju mundur.

Melansir dari Bola Oratmangoen sempat bercerita bahwa pada 2021 ia hampir dinaturalisasi untuk kebutuhan Timnas Indonesia. Saat itu ada perwakilan PSSI yang mencari pemain-pemain keturunan Indonesia untuk ditawari program naturalisasi.

Ketika mendengar kabar tersebut Ragnar Oratmangoen sangat antusias dan kemudian berinisiatif untuk menghubungi sosok tersebut dan keduanya sempat berkomunikasi terkait program naturalisasi Timnas Indonesia.

“Dua tahun lalu, saya menghubungi seseorang di Belanda yang mencari pemain di seluruh dunia yang berkewarganegaraan Indonesia atau berasal dari Indonesia. Dia bertanya apakah saya terbuka untuk dinaturalisasi dengan tujuan untuk bergabung dengan tim nasional,” ujarnya mengutip dari DVHN.

Ragnar bercerita bahwa ia sangat siap dengan proses naturalisasi tersebut dan mendukung Timnas Indonesia. Namun setelahnya ia tidak mendapatkan lagi kabar terkait rencana naturalisasinya.

“Saya cukup siap untuk itu, tetapi tidak pernah berpikir itu akan terjadi. Keinginan itu ada, tetapi tidak terwujud. Juga karena saya tidak mendengar kabar darinya untuk waktu yang lama setelah itu,” kata Ragnar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Namanya Sempat Dicoret

Setelah tidak adanya kepastian Ragnar Oratmangoen kemudian mendapatkan kabar dari Jay Idzes bahwa namanya dicoret dari program naturalisasi tersebut. Ia pun berinisiatif untuk menghubungi kembali perwakilan PSSI sampai akhirnya proses naturalisasinya dilanjutkan.

“Saya mendengar dari Jay nama saya juga dicoret. Saya kemudian berbicara dengan kontak saya lagi,” ucapnya.

Meskipun namanya sempat dicoret saat ini Ragnar kembali masuk dalam daftar antrean program naturalisasi Timnas Indonesia. Diketahui proses naturalisasi tersebut rencananya akan dimulai pada 2024 mendatang.

Adapun saat ini pemerintah tengah fokus menyelesaikan proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Sementara itu Justin Hubner sudah menjadi WNI sejak Rabu (6/12/2023) lalu.

“Prosesnya masih belum siap seperti dua atlet ini. Jadi, sementara baru Jay dan Nathan. Mungkin Ragnar kita proyeksi di tahun depan,” kata Menpora Dito Ariotedjo.

3 dari 4 halaman

Profil Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen merupakan pemain sepak bola kelahiran 21 Januari 1998 di Oss, Belanda. Ragnar mempunyai tinggi badan 180 cm dan bermain untuk posisi sayap, gelandang serang.

Pria berusia 25 tahun tersebut mempunyai darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Maluku. Selain itu nama Oratmangoen merupakan salah satu marga yang ada di Kepulauan Tanimbar.

Ragnar diketahui sebagai seorang muslim dan pindah dari Indonesia ke Belanda sekitar 1950 bersama keluarga ayahnya. Saat ini Ragnar Oratmangoen tengah bermain untuk klub Fortuna Sittard sejak September 2023.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Ragnar Oratmangoen

Melansir dari Bola Ragnar Oratmangoen mengawali karier sepak bolanya dimulai pada 2017 di Oss. Setelah itu dua tahun berlalu Oratmangoen kemudian pindah untuk bermain dengan Cambuur.

Sementara itu pda 2021 Ragnar kemudian direkrut oleh Go Ahead Eagles dan penampilannya bersama klub tersebut menarik perhatian FC Groningen. Sehingga pada 2022 Ragnar bergabung dengan FC Groningen dan pada musim selanjutnya dipinjamkan ke Fortuna Sittard hingga sekarang.

Dalam perjalanan kariernya Ragnar Oratmangoen telah bermain sekitar tujuh pertandingan Fortuna Sittard di Eredivisie 2023/2024. Namun total menit bermainnya hanya 89 karena selalu dimainkan sebagai pemain pengganti.

Berikut ini adalah daftar klub Ragnar Oratmangoen dalam karier sepak bolanya:

  • NEC (2017-2019)
  • TOP Oss (2018-2019)
  • Cambuur (2019-2021)
  • Go Ahead Eagles (2021-2022)
  • Groningen (2022-)
  • Fortuna Sittard (2023-2024)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat