uefau17.com

Waspadai Potensi Letusan Preatik Gunung Karangetang Sitaro - Regional

, Sitaro - Kepala Pos Gunung Api (PGA) Karangetang Siau Yudia Tatipang mengingatkan pentingnya kewaspadaan bagi masyarakat yang melintas atau menyeberang kali aliran lahar Gunung Api Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut.

Dia mengatakan, musim penghujan saat ini meningkatkan potensi terjadinya letusan freatik atau letusan akibat magma dalam kawah Gunung Karangetang yang bersentuhan dengan air hujan, membentuk kubah lava yang dapat menghasilkan awan panas.

"Awan panas ini berisiko melintasi kali aliran lahar dan mengancam wilayah sekitarnya," kata Yudia.

PGA Karangetang Siau mengimbau masyarakat untuk mengikuti perkembangan informasi terkini dari otoritas terkait, serta mematuhi setiap arahan evakuasi yang diberikan.

"Langkah ini diambil untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan seluruh warga," tegas dia.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro juga senantiasa mengingatkan agar warga meningkatkan kewaspadaan dan siaga bencana.

"Dalam situasi seperti ini, kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk meminimalkan potensi risiko dan dampak yang mungkin terjadi," ujarnya.

Dengan adanya informasi ini, diharapkan masyarakat sekitar Gunung Api Karangetang Siau dapat lebih waspada dan siap menghadapi potensi ancaman bencana.

 

Simak Video Pilihan Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat