uefau17.com

BMKG Prediksi Hujan Deras Melanda Sulut hingga 8 Desember 2023 - Regional

, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Sulut hingga Jumat 8 Desember 2023. Warga diminta untuk mewaspadai dampak meningkatnya curah hujan itu.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 8 Desember 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, Selasa (5/12/2023).

Sebagian besar wilayah kabupaten dan kota di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut memperoleh peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," ujarnya.

Peringatan dini cuaca ekstrem pada 5 Desember 2023 mencakup wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Pada hari berikutnya (6/12/2023), BMKG memprakirakan cuaca ekstrem terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Sedangkan, pada 7 Desember cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

"BMKG akan membantu warga dan para pemangku kepentingan memutakhirkan data dan informasi peringatan dini pada masing-masing kabupaten dan kota melalui kanal informasi yang terverifikasi," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat