uefau17.com

Sumur Bor dan Sanitasi untuk Pesantren di Bogor - Regional

, Jakarta - Danone Indonesia menyerahkan bantuan sumur bor dan sanitasi untuk 9 pesantren NU yang ada di wilayah Kabupaten Bogor Jawa Barat. Bantuan ini dalam rangka mendukung masyarakat untuk mengakses air bersih dan sanitasi

Kali ini Danone Indonesia bekerja sama dengan Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bogor.

Dalam kegiatan tersebut, Danone Indonesia memberikan donasi berupa uang tunai sebesar Rp390 juta yang akan digunakan untuk membangun sumur bor dan sanitasi layak kepada 9 pesantren dan 1 kantor PCNU di Bogor.

Ketua PC RMI Kabupaten Bogor, KH Abdul Basit Mahfuf mengatakan selama ini masih banyak pesantren yang kesulitan mendapatkan air bersih maupun sanitasi yang layak untuk para santri.

"Juga ada beberapa pesantren yang mengalami krisis air atau kekeringan. Bahkan, kualitas airnya pun berbeda pada saat musim kemarau dan hujan," ujar beliau Senin, (4/12/2023).

Oleh karena itu, bantuan sumur bor ini sangat diperlukan untuk mendapatkan kualitas air bersih yang layak. Selain kebersihan air, kondisi MCK juga perlu diperhatikan, baik dari sisi kelayakan maupun jumlahnya.

"Semoga ke depannya, kualitas kebersihan di pesantren akan semakin meningkat," jelasnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekurangan Air Bersih

Director of Sustainability Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini sudah menjadi agenda wajib perusahaan sehingga tidak akan pernah berhenti.

"Saat ini baru 90 persen penduduk yang dapat mengakses air bersih di Indonesia. Kalau dikaitkan dengan jumlah keseluruhan penduduk Indonesia, masih ada jumlah penduduk yang cukup signifikan belum dapat mengakses air bersih," ujarnya.

Ia menyebut lebih dari 20 juta orang Indonesia belum dapat mendapatkan akses air bersih. Terkait sanitasi, Karyanto menambahkan bahwa di Indonesia masih 80 persen penduduk yang memiliki sanitasi yang layak.

Salah satu penerima manfaat ini, Irham Juana dari Pesantren Al Badariah, Leuwiliang, mengatakan berkat bantuan tersebut, pesantren yang berisikan 45 santri itu kini akan segera mendapatkan penambahan MCK dan tempat wudhu.

"Saya mendapat informasi terkait bantuan ini dari NU. Setelah dihubungi dan disurvei alhamdulillah pesantren kami menjadi salah satu yang mendapatkan bantuan tersebut," kata Irham.

Dijelaskan lebih lanjut, dana bantuan itu akan dibangun penambahan MCK, pembuatan sumur bor dan tempat wudhu.

"Jadi kalau melihat komposisinya memang 1 MCK itu layak dipergunakan 4 santri. Insyaallah dengan bantuan ini mampu menambah MCK hingga 11, dan nantinya cukup dipergunakan oleh 45 santri yang ada," ujar Irham.

Kegiatan ini juga sejalan dengan komitmen jangka panjang Danone Indonesia, termasuk di dalamnya pemberian nutrisi pencegahan stunting dan pelestarian lingkungan, khususnya di tengah perubahan iklim.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat