uefau17.com

Geliat Festival Dahau, Wisata Belanja Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal - Regional

, Kutai Barat - Sejak dibuka, perhelatan Festival Dahau sukses menyajikan serangkaian kegiatan yang beragam. Selama sepekan penuh, Pesta Dahau membawa dampak positif kepada masyarakat pelaku usaha serta warga Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Berbagai aktivitas yang dirancang khusus untuk memanjakan pengunjung, mulai dari pameran produk lokal, UMKM hingga promosi wisata lokal yang menciptakan suasana belanja yang menggembirakan.

Salah satu sorotan utama dalam event ini adalah Kubar Expo, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-24 Kabupaten Kutai Barat. Disinyalir Kubar Expo merupakan inisiatif kolaboratif antara Pemerintah Kabupaten Kubar, stake holder dan pelaku UMKM.

Kepala Dinas Kominfo Kubar Rustam menjelaskan, Kubar Expo 2023 kali ini bukan hanya memperkaya pengalaman wisata belanja para pengunjung pameran. Tetapi juga mendukung perkembangan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Kubar.

“Semua pelaku UMKM menampilkan beragam produk lokal yang melibatkan sektor pariwisata dan ekonomi perdagangan di Kubar,” kata Rustam, Rabu (1/11/2023).

Beragam produk yang dipamerka adalah kerajinan tangan, kuliner dan ekonomi kreatif, serta sektor pariwisata, semuanya turut berkontribusi dalam mendukung kesuksesan Dahau 2023.

“Kubar Expo bukan sekadar event belanja, ini adalah sebuah perayaan kreativitas dan keberagaman yang dihargai oleh masyarakat Kubar,” imbuhnya.

Selain itu, masyarakat merasakan dampak positif dari Kubar Expo 2023. Para pedagang pasar tradisional yang ikut memeriahkan Expo, turut merasakan peningkatan dalam penjualan mereka.

“Kita memberi kesempatan pada siapa saja untuk mengikuti Kubar Expo ini. Sosialisasi sudah dilakukan jauh-jauh hari, masyarakat dapat menerima informasi dengan baik. Sehingga Kubar Expo ini dapat berjalan sukses,” paparnya.

Dipastikan, Kubar Expo tidak hanya menjadi ajang wisata belanja, tetapi juga menjadi event budaya yang mempererat solidaritas masyarakat Kubar. “Dukungan para pelaku UMKM, pedagang tradisional hingga para pengrajin lokal semua turut memperkuat ekosistem usaha di Kubar,” tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat