uefau17.com

BMKG Ingatkan Warga Sulut Waspada Cuaca Ekstrem hingga 5 November 2023 - Regional

, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga Sulut mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi beberapa hari ke depan di wilayah kabupaten dan kota.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 5 November 2023 mendatang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, Selasa (1/11/2023).

Dia mengatakan, suhu muka laut (Sea Surface Temperature) atau SST dengan anomali +0,5 derajat Celsius hingga +2,9 derajat Celsius berada di Laut Sulawesi dan sekitarnya.

Selanjutnya, kondisi labilitas lokal kuat yang mendukung aktivitas konvektif dalam skala lokal terdapat di beberapa wilayah Sulawesi Utara.

 "Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga Iebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," ujarnya.

Potensi cuaca ekstrem diperkirakan mulai terjadi pada Kamis, 2 November 2023 di wilayah Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Pada hari berikutnya, berpotensi terjadi di wilayah Kota Tomohon Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Sementara pada4 November 2023, diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Selanjutnya pada 5 Oktober 2023, cuaca ekstrem akan melanda wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat