uefau17.com

PSBI Berbasis Silaturahmi Kekerabatan, Apolitik dan Aniaga - Regional

, Samosir Anggota Punguan Simbolon Dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) saat ini sebanyak 300 ribu jiwa yang tersebar di berbagai belahan dunia. Hal ini dikatakan Ketua Umum PSBI, Dr Effendi MS Simbolon.

Dijelaskannya, dari jumlah tersebut, para anggota PSBI tersebut terdaftar di 156 wilayah. Ada di Amerika, Australias, Austria, Eropa, bahkan para anggota PSBI itu, mereka sudah warga negara tersebut.

Effendi Simbolon mengatakan hal itu saat meresmikan Gedung Sekretariat PSBI di Desa Parbaba, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Senin, 23 Oktober 2023.

"Misi kita, Simbolon, keluarga besar. Si Bolon, besar. Kuantitasnya juga besar, jadi kita hanya memupuk silaturahmi kekerabatan, apolitik dan aniaga. Tidak ada berpolitik praktis, kalau orang-orangnya, itu hak konstitusi masing-masing," terangnya.

Pada kesempatan itu, Effendi Simbolon selaku Ketua Umum PSBI juga melantik Bupati Samosir, Vandiko Gultom, sebagai Dewan Pembina PSBI Wilayah Samosir.

"Kita (PSBI) bersyukur Bupati Samosir, Vandiko Gultom, berkenan didaulat sebagai Pembina Pengurus PSBI Wilayah Samosir," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peran PSBI di Samosir

Disinggung peran PSBI di Samosir, Effendi Simbolon mengungkapkan, Simbolon berasal dari Samosir, dan kebanyakan marga-marga Batak juga berasal dari Samosir. Apalagi, Pusuk Buhit diyakini sebagai legenda awal asal muasal orang Batak.

"Kami sangat berkepentingan menjaga warisan leluhur, bersama pemerintah kabupaten yang dipimpin Vandiko (Bupati Samosir). Kita lakukan tahapan yang selalu lebih baiK hubungan sinergitas," bebernya.

Sebagai bagian dari masyarakat, Effendi Simbolon merasa bersyukur karena berasal dari Samosir. Menurutnya, rasa syukur ini yang perlu terus dijaga, harmoni antar marga, dan juga dengan pemerintah.

"PSBI kegiatannya mencakup sosial, budaya, pelayanan, pendidikan, dan kesehatan. Ya, apolitik, aniaga, lah," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Peduli Terhadap Anggota

Sebelumnya, sebagai bentuk kepedulian terhadap anggota, Ketua Umum PSBI, Effendi Simbolon, mengunjungi pernikahan salah satu anggota di Gereja HKBP Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Kunjungan Effendi Simbolon tidak banyak diketahui oleh masyarakat dan tamu undangan. Effendi yang masih menjabat sebagai Anggota DPR RI didampingi oleh Bupati Toba Samosir, Vandiko Gultom.

Setelah diumumkan panitia, masyarakat dan tamu undangan yang hadir baru sadar dan buru-buru berdiri menyambut kehadiran para pengurus PSBI bersama dengan anggota keluarga yang punya hajatan.

Effendi Simbolon dan rombongan disambut dengan Tari Tortor masuk ke Aula HKBP yang menjadi pusat kegiatan. Acara dilanjutkan dengan penerimaan tamu sesuai dengan adat Batak Toba.

Sambil menari, rombongan memberikan restu kepada pasangan mempelai pengantin berharap pernikahan mereka akan bahagia sampai akhir hidup.

4 dari 4 halaman

Sempat Terkejut

Seorang tamu undangan yang hadir bermarga Manik (42) mengaku terkejut dan menyesal karena baru mengetahui yang hadir adalah Effendi Simbolon. Selain Ketua Umum PSBI ternyata juga Anggota DPR RI.

"Kalau tahu dari awal, kita minta sedikit waktu untuk menyampaikan aspirasi kita," ungkapnya.

Kehadiran Ketua Umum PSBI, Effendi Simbolon, diakhiri dengan nyanyi bersama dengan pengantin dan keluarganya. Selanjutnya rombongan meninggalkan acara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat