uefau17.com

Deretan 5 Hantu Paling Mengerikan di Sumbar - Regional

, Padang - Setiap daerah di Indonesia memiliki cerita-cerita tentang makhluk gaib. Sebagian orang meyakini makhluk tersebut hadir di tengah kehidupan masyarakat, begitu juga di Sumatera Barat.

Cerita tentang makhluk gaib ini biasanya berkembang di kehidupan sehari-hari masyarakat, yang ceritanya diwariskan secara turun-temurun.

Di Sumatera Barat, kira-kira apa saja makhluk gaib yang terkenal? berikut rangkum untuk Anda dari berbagai sumber.

1. Orang Bunian

Orang bunian merupakan makhluk gaib yang dipercaya oleh masyarakat Minangkabau, wujudnya menyerupai manusia serta tinggal di tempat-tempat sepi seperti rumah kosong yang ditingalkan penghuninya dalam waktu yang cukup lama.

Tidak hanya itu saja, cerita yang berkembang orang bunian juga tinggal di hutan dengan memiliki wujud yang cantik serta rambut yang panjang.

2. Inyiak

Inyiak merupakan hantu yang cukup populer di tengah kehidupan masyarakat Sumatera Barat diberbagai nagari, inyiak berarti harimau jelmaan yang memiliki ilmu gaib.

Versi hantu inyiak ini beragam, salah satunya hantu inyiak berasal dari seseorang yang mempelajari ilmu gaib yang konon katanya ilmu tersebut berubah menjadi harimau tak kasat mata. Wujud harimau tersebut diprcaya akan menjaga orang yang mempelajari ilmu gaib itu.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Palasik Kuduang

Selanjutnya ada Palasik Kuduang, cerita yang berkembang hantu ini merupakan hantu yang pengganggu anak-anak. Kata palasik berarti orang-orang yang mempelajari dan memiliki ilmu gaib, sementera kuduang yang bermakna buntung atau terpotong. 

Jadi, hantu ini berwujud hanya memiliki badan dan kepala, yang tanpa yang bergerak secara melayang-layang.

4. Antu Lapiak

Antu lapiak atau hantu lapiak adalah jenis hantu yang berada di air, biasanya di sunggai ataupun danau. Hantu ini menyerupai gulungan tikar.

Hantu ini menyerang korban dengan cara mengulungnya hingga tenggelam. Cerita hantu ini banyak berkembang pada masyarakat yang tinggal di tepi sunggai, dan sering digunanakan untuk menakuti anak-anak agar tidak mandi disunggai.

5. Hantu Suluah

Cerita hantu suluah yang beredar di masyarakat Sumatera Barat berbentuk seperti percikan yang melayang dan biasanya muncul setelah azan magrib hingga pagi.

Konon katanya, hantu suluah merupakan wujud dari santet yang dikirim oleh dukun kepada korbannya yang memiliki niat jahat.

Itulah lima hantu yang ceritanya beredar di Sumatera Barat, percaya atau tidak itu kembali kepada diri kita masing-masing.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat