uefau17.com

Lima Wisata Budaya Populer di Sumbar, Berwisata Sambil Tambah Wawasan - Regional

, Padang - Indonesia terkenal akan pariwisatanya, salah satunya adalah wisata budaya yang cukup populer bagi wisatawan domestik hingga mancanegara.

Wisata budaya adalah jenis wisata yang bertujuan untuk mengenal dan mempelajari kebudayaan suatu daerah atau negara, baik itu dalam bentuk seni, adat istiadat, tradisi, makanan, pakaian, dan sebagainya.

Wisata budaya ini juga memiliki ragam manfaat, mulai dari menambah wawasan tentang budaya, mempelajari keunikan setiap daerah, hingga memupuk cinta tanah air, dan pastinya akan menambah pengalaman Anda.

Nah, apabila Anda berada atau berencana ke Sumatera Barat (Sumbar), berikut  rangkum 5 wisata budaya yang populer.

1. Seribu Rumah Gadang

Objek wisata budaya Seribu Rumah Gadang terletak di di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Di tempat ini, Anda dapat melihat deretan rumah gadang yang merupakan rumah tradisional Minangkabau dalam berbagai macam bentuk dan ukuran.

Karena keindahan lokasinya yang artistik, kawasan ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting beberapa film layar lebar dan film televisi, seperti film Di Bawah Lindungan Ka'bah pada 2011.

Kemudian pada 2017, Kawasan Saribu Rumah Gadang juga dinobatkan sebagai Kampung Adat Terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Museum Adityawarman

Museum berarsitektur khas rumah adat Minangkabau ini memamerkan beragam koleksi sejarah dan kebudayaan, mulai dari legenda Minangkabau, senjata tradiisional hingga koleksi pakain adat Sumatera Barat.

Selain itu, di sini Anda juga akan disuguhkan dengan ruangan khusus songket dari berbagai daerah di Sumbar lengkap dengan penjelasan makna setiap motifnya.

Serta ada juga ruangan khusus rendang dengan mempamerkan mulai dari cara menggolahnya, aneka bumbu masakan yang digunakan hingga jenis-jenis rendang.

Anda dapat mengunjungi museum ini di Jalan Diponegoro Nomor 10, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

3 dari 4 halaman

3. Istana Basa Pagaruyuang

Selanjutnya ada Istana Basa Pagaruyuang yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, berbentuk Rumah Gadang yang bangunannya dilengkapi dengan ukiran falsafah alam dan budaya Minangkabau.

Istana Basa Pagaruyuang merupakan sebuah replika istana yang pernah terbakar habis akibat kerusuhan pada tahun 1804 di atas Bukit Batu Patah.

Di tempat ini, selain menikmati kemegahan arsitektur istananya, udara yang sejuk dengan pepohonan rindang, para wisatawan juga bisa melihat benda-benda peninggalan Kerajaan Pagaruyung.

4. Rumah Adat Baanjuang

Rumah Adat Baanjuang merupakan tempat wisata yang sekarang berfungsi sebagai museum yang lokasinya terletak di dalam kawasan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Kota Bukittingi.

Pada rumah adat tersebut, Anda dapat menyaksikan berbagai peninggalan dari masyarakat Minangkabau, mulai dari perhiasan, pakaian, hingga alat-alat kesenian.

4 dari 4 halaman

5. Kota Tua Padang

Sama halnya dengan Jakarta, di Kota Padang juga ada namanya Kota Tua Padang. Tempat ini berlokasi di Kecamatan Padang Barat.

Objek wisata ini tersohor karena keragaman etnisnya yang hidup berdampingan mulai dari Minangkabau, Tionghoa, Melayu, dan Nias, dengan adat istiadatnya masing-masing.

Selain itu, di Kota Tua Anda juga bisa menyaksikan bangunan-bangunan tua bernuansa Eropa. Kemudian juga ada kampung percinaan dengan bangunan khas Tionghoa.

Apabila Anda datang pada saat perayaan imlek, maka jalanan ataupun depan bangunan-bangunan yang ada di Kota Tua Padang ini akan dipenuhi pernak-pernik imlek salah satunya lampion.

Itulah lima wisata budaya populer di Sumatera Barat. Selain dapat mengenal budaya serta adat istiadat masyarakat setempat, Anda juga bisa mengabadikan momen dengan foto yang istagrammable.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat