uefau17.com

Masih Ingat Jessica Wongso dan Kopi Sianida? Netflix Rilis Dokumenternya Hari Ini - Regional

, Jakarta - Layanan streaming Netflix resmi menayangkan film dokumenter bertajuk “Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso”. Film dokumenter ini memaparkan pertanyaan-pertanyaan tak terjawab yang melingkupi persidangan Jessica Wongso, bertahun-tahun setelah kematian sahabatnya, Mirna Salihin.

Saatnya menulusuri kembali misteri kasus kopi sianida yang viral di tahun 2016 lalu. Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso, UDAH TAYANG SEKARANG di Netflix,” tulis akun resmi Twitter Netlix Indonesia @NetflixID, pada Kamis (28/8/2023).

Kasus pembunuhan dan kemudian persidangan yang menghadirkan Jessica Wongso sebagai terdakwa pada 2016 itu mendapat banyak perhatian dari masyarakat karena disiarkan langsung di televisi.

Segelas kopi yang menyimpan beribu misteri. Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso tentang kasus kopi sianida, udah bisa kamu tonton ya!,” tambah keterangan akun Netflix Indonesia.

Jessica Wongso divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis, 27 Oktober 2016. Jessica dijatuhi hukuman 20 tahun penjara karena dinilai terbukti bersalah membunuh temannya, Wayan Mirna Salihin, menggunakan sianida yang dibubuhkan ke dalam kopi Vietnam.

Kubu Jessica keberatan dengan putusan itu. Mereka pun mengajukan upaya banding hingga tahap kasasi atas putusan tersebut. Namun, semua upaya itu ditolak dan justru menguatkan putusan pada pengadilan tingkat pertama.

Pada Desember 2018, upaya hukum luar biasa Jessica Kumala Wongso kembali kandas. Mahkamah Agung menolak Peninjauan Kembali atau PK yang diajukan terpidana pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin. Juru Bicara MA, Abdullah, membenarkan bahwa Hakim Agung MA telah memutuskan perkara No. 69 PK/PID/2018.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disutradarai Rob Sixsmith

Film Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso disutradarai oleh Rob Sixsmith. Mengutip Netflix, film dokumenter diproduksi bersama Beach House Pictures, salah satu rumah produksi independen terbesar di Asia.

Untuk diketahui, film dokumenter ini menyoroti rangkaian persidangan kasus yang saat itu menjadi yang pertama disiarkan secara langsung di berbagai stasiun televisi Indonesia serta diliput secara intens oleh media massa nasional dan internasional.

Selain itu, pihak produksi film dari Beach House Pictures berhasil mendapatkan akses untuk mewawancarai langsung Jessica Wongso, warga Australia yang vonis hukumannya didukung oleh bukti dari polisi negara tersebut.

Berdasarkan video trailer yang diluncurkan Netflix terdapat sejumlah wawancara eksklusif yang dilakukan dengan beberapa narasumber. Termasuk ayah dan saudara kembar Wayan Mirna Salihin, pengacara Jessica Wongso, hingga jurnalis yang mendalami kasus tersebut.

Selain itu, ditampilkan juga soal bagaimana saat itu kasus ini begitu ramai diberitakan oleh media massa Indonesia dan internasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat