uefau17.com

5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Klaten, Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga - Regional

, Klaten - Kabupaten Klaten terletak di antara Solo dan Yogyakarta. Meskipun kecil, Klaten ternyata menyimpan destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Destinasi wisata Klaten pun beragam, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata di Klaten seperti dikutip dari klatenkab.go.id:

1. Bukit cinta

Bukit Cinta sangat cocok dikunjungi untuk berwisata alam sekaligus memperkaya galeri foto di media sosial. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.

Destinasi wisata ini memang populer dengan banyaknya spot instagramable. Saat sampai ke puncak bukit, terdapat banyak spot foto bertema cinta, seperti jembatan, gardu pandang cinta, dermaga cinta, gembok cinta, dan sarang cinta.

Selain itu, pemandangan yang dilihat dari atas bukit pun tersaji sangat indah. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat area persawahan hingga indahnya Klaten dari ketinggian.

2. Candi Plaosan

Candi Plaosan berjarak kurang lebih 1,5 kilometer dari arah timur Candi Prambanan. Candi Plaosan berdiri sangat kokoh dengan bangunan arsitektur yang sangat unik.

Lokasi Candi Plaosan berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Dari pusat kota, jaraknya sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh selama 25 menit.

Konon, candi ini dibangun pada abad ke-9. Gaya arsitektur candi ini adalah perpaduan antara Buddha dan Hindu, sehingga menjadi contoh toleransi antar agama pada zaman dahulu.

Banguanan Candi Plaosan dibagi menjadi dua bagian yang terletak di sebelah utara dan selatan. Bagian utara dinamakan Candi Plaosan Lor, sedangkan bagian selatan dikenal dengan nama Candi Plaosan Kidul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Girpasang

3. Girpasang

Destinasi wisata Girpasang berada di Gritingan, Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Destinasi wisata ini memiliki jembatan gantung yang baru diresmikan pada Januari 2022.

Jembatan ini menghubungkan Girpasang dan desa seberang. Selain jembatan, di Girpasang juga terdapat wahana gondola atau kereta gantung.

Saat sore hari, kawasan ini dihiasi kabut yang sangat tebal. Saat melewati jembatan, pengunjung akan merasakan seolah-olah sedang berjalan di atas awan.

Hal lain yang bisa dieksplor di kawasan ini adalah keberadaan kafe hits di sekitarnya. Suasana yang asri akan membuat sesi nongkrong bersama teman, pasangan, atau keluarga menjadi lebih menyenangkan.

4. Kali Talang

Bagi para pencinta alam yang ingin menyaksikan indahnya pemandangan Gunung Merapi tanpa harus melakukan pendakian, bisa datang ke Kali Talang. Destinasi wisata ini berada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

Ekowisata Kali Talang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Selain itu, di sekeliling Kali Talang terdapat tebing-tebing curam yang di bawahnya merupakan sungai untuk aliran lahar Gunung Merapi.

5. Rivermoon

Rivermoon terletak di Desa Karanglo, Polanharjo, Kabupaten Klaten. Rivermoon adalah salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi bersama keluarga.

Tak hanya menikmati hidangan lezat, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah di tepi sungai. Selain itu, terdapat fasilitas outbound, river tubing, camping ground, dan fun games lainnya yang bisa dinikmati pengunjung.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat