uefau17.com

Sejumlah Gempa Susulan Usai Gempa Tektonik Magnitudo 7,4 di Tenggara Tanah Bumbu Kalsel - Regional

, Banjarbaru - Informasi fenomena alam gempa bumi kembali terjadi di sekitar wilayah pulau Kalimantan, tepatnya di 180 kilometer arah Tenggara Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel). Sebelumnya, marak diberitakan jika pernah juga terjadi di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada 28 Juni 2023 lalu.

Kali ini, disebutkan terjadi pada pukul 02.55.32 WIB di wilayah Laut Jawa (Utara Lombok). Gempa bumi tektonik ini berkekuatan magnitudo 7,4 di Laut Jawa atau Utara pulau Lombok, dan tidak berpotensi trunami. 

Informasi tersebut berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang diteruskan oleh Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Kalsel, Goeroeh Tjiptanto berupa rekaman layar. Kejadian ini sangat dekat dengan pulau Kalimantan tepatnya di Laut Jawa. 

Kejadian dan Parameter gempa bumi berdasarkan episenter terletak pada koordinat 6,94° LS ; 116,57° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 163 Km arah Timur Laut Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kedalaman 525 km.

Jenis dan mekanisme gempa bumi memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam (Deep Focus). Akibat adanya aktivitas karena slab pull (tarikan extensional Lempeng Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi .

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan kombinasi pergerakan mendatar turun (oblique normal).

Sementara dampak dari gempa bumi ini dirasakan di Kuta dengan skala intensitas V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Sumbawa VI MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Karangkates III - IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Banjarmasin, Kuta Selatan, Tabanan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu ), Trenggalek II - III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu ).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Disebutkan pula jika terjadi gempa bumi susulan hingga pukul 03.22 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 (dua) aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo 6,1 dan 6,5.

BMKG juga memberikan pesan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Akan tetapi dengan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

 

Berikut jarak beberapa daerah dari pusat gempa; 

180 km Tenggara TANAHBUMBU-KALSEL

186 km Tenggara KOTABARU-KALSEL

241 km Tenggara BANJAR-KALSEL

282 km Tenggara BANJARMASIN-KALSEL

1137 km Timur Laut JAKARTA-INDONESIA

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat