uefau17.com

5 Rekomendasi Museum di Sumatera Barat yang Cocok untuk Wisata Sejarah - Regional

, Padang - Sumatera Barat memiliki berbagai objek wisata yang cocok untuk dinikmati, salah satunya adalah museum. Mengunjungi museum tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mengenal sejarah dan melihat benda-benda bersejarah dari koleksi museum tersebut.

Berikut ini adalah beberapa museum di Sumatera Barat yang cocok untuk kamu yang pecinta wisata sejarah.

1. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman memiliki arsitektur khas rumah adat Minangkabau, yakni Rumah Gadang atau rumah bagonjong. Museum ini menampilkan beragam koleksi sejarah dan kebudayaan, termasuk legenda Minangkabau, senjata tradisional, dan pakaian adat Sumatera Barat.

Di dalamnya, Anda juga dapat menemukan ruangan khusus yang memajang songket dari berbagai daerah di Sumatera Barat beserta penjelasan makna motifnya. Ada juga ruangan khusus yang memamerkan segala hal tentang rendang, mulai dari cara pengolahan, bumbu-bumbu masakan yang digunakan, hingga jenis-jenis rendang.

Lokasinya di Jalan Diponegoro Nomor 10, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

2. Museum Rumah Kelahiran Bagindo Aziz Chan

Museum ini mengenang Pahlawan Nasional Bagindo Aziz Chan, yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Padang kedua dan gugur di tangan Belanda pada tahun 1947.

Museum Rumah Kelahiran Bagindo Aziz Chan didominasi oleh warna biru muda dan terbuat dari kayu. Di dalamnya, terdapat tiga kamar, salah satunya adalah kamar Bagindo Aziz Chan. Museum ini berlokasi di Kelurahan Alang Laweh, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Memperkenalkan kehidupan Bung Hatta, Wakil Presiden RI Pertama, dari masa kecilnya hingga perjuangannya untuk kemerdekaan Indonesia, museum ini adalah replika rumah masa kecil Bung Hatta, putra daerah Minangkabau.

Replika ini dibangun ulang pada tahun 1994 setelah bangunan aslinya runtuh pada tahun 1960-an. Di dalam museum berdua lantai ini, kamu dapat melihat peralatan rumah tangga dan foto-foto Bung Hatta. Museum ini berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 37, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

4. Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Memiliki arsitektur Rumah Gadang dengan atap bergonjong dan hiasan ukiran Minangkabau. Dibangun pada tahun 2000 dan diresmikan pada tahun 2001, museum ini khusus menampilkan koleksi peninggalan Buya Hamka, termasuk foto, buku, dan majalah.

Museum ini terletak di tepian Danau Maninjau, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

5. Museum Tuanku Imam Bonjol

Museum ini mengenang Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol, yang merupakan tokoh asal Sumatera Barat dan wajahnya terdapat pada uang kertas Rp5.000 emisi tahun 2001.

Di dalam museum ini, Anda dapat melihat alat-alat yang digunakan oleh Tuanku Imam Bonjol serta barang-barang kuno masyarakat Minangkabau. Museum ini berlokasi di Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Selain menawarkan pengalaman wisata yang menarik, museum-museum ini juga memberikan kesempatan untuk lebih dekat mengenal sejarah dan budaya daerah.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat