uefau17.com

Keren, Bocah 10 Tahun Asal Sukoharjo Ini 26 Kali Juara Lomba Literasi Anak - Regional

, Sukoharjo - Humaira Kamila Husna (10) Siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kabupaten Sukoharjo duduk di kelas 4 itu memiliki kemampuan di atas rata-rata anak seusianya. Bagaimana tidak, Humaira sudah berhasil memboyong 26 kali gelar juara pada lomba literasi anak yang ia diikutinya.

Menurut sang ibu Nuri Widya Handayani (34), Humaira sudah menunjukkan kemampuannya ketika masih balita, di mana sering meminta sang ibu untuk mendongeng dari buku cerita yang dibelikannya untuk sang putri.

Nuri menceritakan bahwa sang anak sejak kecil sudah sangat menyukai ketika diajak komunikasi dan mendengarkan cerita. sehingga dirinya dan suami mempersiapkan semua yang dibutuhkan Humaira untuk menunjang potensi sang anak.

"Sejak masih kecil Humaira sudah terlihat memiliki language dan literasi di luar anak usianya. Sejak saat itu saya dukung dan fasilitasi sesuai bakat yang kami orang tuanya lihat dari anak kami," kata Nuri kepada usai menemani sang anak mendapatkan apresiasi dari Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kamis (24/8/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemampuan Berbicara

Dirinya menceritakan sejak mulai berbicara sang putri setiap hari minta usai didongengkan suatu cerita Humaira sudah bisa menceritakan kembali apa yang telah didengarnya. "Dari sebelum bisa membaca dia selalu kami dongengkan, tetapi setelah Humaira bisa membaca sendiri sudah puluhan buku dia baca," ujar dia.

Melihat potensi sang putri, Nuri kemudia mengikutsertakan sang putri pada kejuaran-kejuaran literasi membaca baik online maupun offline. Terbukti, dengan upayanya tersebut sang anak sukses menyabet berbagi penghargaan yang tak hanya membanggakan kedua orang tuanya tapi tempat sekolah dia menuntut ilmu.

"Dalam 5 tahun terakhir kurang lebih 26 penghargaan didapatkan Humaira dalam lomba literasi anak. Yang terbaru tingkat kabupaten, Humaira mendongeng di hadapan Bupati Sukoharjo. Semoga ke depan semakin banyak prestasinya yang bermanfaat untuk semua," ucap Nuri.

Sementara itu, Humaira mengungkapkan bahwa dia suka membaca sejak masih kecil, bocah 10 tahun itu mengaku suka membaca buku tentang nabi dan sahabat para nabi. 

"Suka membaca sejak kecil, lebih suka baca komik, sejarah nabi, dan sahabat nabi. Senang membaca, tadi sambil bercerita di depan bupati senang banget," kata Humaira.

Bocah yang bercita-cita menjadi seorang dokter itu memang memiliki sifat yang ceria, enerjik dan kemampuan public speaking-nya sangat baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat