uefau17.com

Program Kemitraan, Puluhan Guru SMK Negeri 5 Balikpapan Kunjungi PT PAMA - Regional

, Balikpapan - PT Pamapersada Nusantara Distrik Balikpapan Operation (PAMA BPOP) menerima kunjungan 25 guru SMK Negeri 5 Balikpapan, Jumat (21/7/2023). Kedatangan para tenaga pendidik tersebut sebagai program menjalin kemitraan antara dunia pendidikan sebagai penghasil lulusan peserta didik kepada perusahaan selaku pengakomodir sumber daya manusia (SDM) di dunia industri.

Chief Balikpapan Operation Expert Sulasman menjelaskan, kedatangan 25 guru SMK Negeri 5 Balikpapan merupakan bentuk dukungan perusahaan pada program link and match. Program tersebut merupakan salah satu tali pengikat dunia pendidikan dan dunia industri. Para guru juga diperkenalkan dunia industri kepada melalui kunjungan tersebut.

"Melalui proses pendidikan di SMK diharapkan dapat menghasilkan tenaga kerja yang sejalan dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri," ungkap Sulasman, Senin (24/7/2023).

Kunjungan berlangsung di Office PAMA BPOP dipaparkan materi tentang bisnis proses remanufacturing recondition, housekeeping 5R, kompetensi tenaga kerja, dan rekrutment melalui bursa khusus kerja (BKK) Center SMK, kemudian dilanjut peninjauan workshop Component Exchange (Comex) Department di jalan Mulawarman, RT 39 kelurahan Manggar, Balikpapan Timur.

Sulasman menyebut, lewat kunjungan industri para guru ini, yang selaras dengan komitmen perusahaan dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) pilar pendidikan. Sehingga perusahaan sangat menyambut baik program yang dijalankan SMK Negeri 5 Balikpapan tersebut.

"Sebagaimana kita ketahui, PT PAMA memiliki 5 Pilar Program terpadu CSR. Yang salah satunya di bidang pendidikan, peningkatan keterampilan dan kursus," terang Sulasman didampingi CSR Officer Aziz Kusuma Aji.

Program tersebut kemudian tertuang dalam kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR). Realisasi kegiatan CSR tersebut terwujud di PAMA BPOP di antaranya adalah melalui karyawan PAMA mengajar, kunjungan industri dan pelatihan guru.

"Komitmen perusahaan untuk menjalankan program CSR pendidikan yaitu karyawan PAMA mengajar dan pelatihan guru. Tentu yang utama pula, turut membantu pemerintah dan stakeholder terkait memberikan kepedulian terhadap dunia pendidikan," papar Sulasman.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Balikpapan, Mohammad Arifin mengapresiasi sambutan baik PT PAMA BPOP dalam kunjungan industri para tenaga pendidiknya. "Kami sangat berterima kasih kepada PT PAMA atas kegiatan ini, harapannya tenaga pendidik kami agar bisa mengetahui kemajuan teknologi diindustri, dan lulusan semacam apa yang dibutuhkan, sehingga bisa memperbaiki cara sekolah dalam membekali peserta didik," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat