uefau17.com

Menengok Bawor Sapi Berbobot 1,3 Ton yang Akan Disembelih di Kota Medan - Regional

, Medan Berbobot 1,3 ton, sapi bernama Bawor akan disembelih di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Bawor akan disembelih pada Idul Adha 1444 Hijriah atau Kamis, 29 Juni 2023, besok.

Informasi diperoleh , Rabu (28/6/2023), sapi tersebut akan dikurbankan oleh seorang dokter bernama dr Arya Tjipta di Medan. Bahkan kabarnya, untuk sementara Bawor merupakan sapi terberat di Sumatera yang akan disembelih.

Selain Bawor, ada juga sapi berukuran 1,2 ton yang akan disembelih, yaitu sapi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi. Sapi Jokowi akan disembelih di Masjid Agung, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan.

Sapi kurban Jokowi tersebut berjenis limousin berusia 3 tahun 8 bulan yang dibanderol Rp 90 juta. Sapi tersebut dibeli dari seorang peternak di Desa Tandam Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang.

Peternak yang sapinya dibeli Presiden Jokowi bernama Rahmat. Kepada wartawan, beberapa waktu lalu, Rahmat merasa senang sapi peliharaannya terpilih sebagai sapi kurban untuk orang nomor satu di Rapublik Indonesia.

"Senang, sapi kita bisa untuk kurban sama Bapak Presiden (Jokowi)," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Senang Sekaligus Sedih

Diakui Rahmat, selain senang dirinya juga sekaligus merasa sedih karena sapi yang akan dikurbankan Presiden Jokowi tersebut merupakan kesayangnnya di peternakan.

"Walaupun dari banyaknya sapi di sini, ini sapi paling disayang, jinak, nurut. Karena memang sudah waktunya dijual, ya kita jual," Rahmat mengungkapkan.

3 dari 4 halaman

Jokowi Bagi-Bagi 38 Sapi Kurban ke Seluruh Provinsi

Presiden Jokowi menyalurkan sejumlah sapi kurban jelang perayaan Idul Adha 2023. Hewan kurban tersebut berjumlah 38 ekor dan akan dibagikan ke setiap provinsi Indonesia.

"Bapak Presiden akan memberikan sapi kurban dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Kalau tahun lalu itu 34 provinsi, sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk, jadi menjadi 38," ucap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jakarta, Jumat (23/6/2023), dikutip dari Kanal Regional .

Tidak main-main, hewan kurban yang disumbangkan Jokowi merupakan sapi-sapi terbaik. Heru menyatakan sapi yang disumbangkan Jokowi memiliki berat 900 kilogram hingga 1,2 ton.

"Tadi saya sampaikan (beratnya) rata-rata 900 (kilogram) sampai 1,2 ton," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Berbagai Jenis Sapi

Jenis sapi yang diberikan Jokowi itu adalah jenis simental limosin angus, brahman, dan peranakan ongole dari sapi Bali. Masing-masing sapi tersebut memiliki harga yang berbeda-beda.

Jenis yang paling mahal adalah simental limosin angus yang dibanderol Rp 102-128 jutaan. Sebagai perbandingan, satu ekor sapi premium tersebut sudah setara harga berbagai jenis mobil bekas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat