uefau17.com

Produk Binaan PTPN IV Ludes Terjual dalam Ajang PaDi UMKM EXPO 2023, Banyak Diminati - Regional

, Jakarta Melalui Sub Bagian Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) berpartisipasi pada ajang Pasar Digital Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau PaDi UMKM EXPO 2023.

Acara berlangsung selama 5 hari di Gedung Sarinah Jakarta, Rabu hingga Minggu (14-18/6/2023). Pada ajang ini, PTPN IV mempromosikan aneka produk UMKM binaannya. Mulai dari hasil kerajinan tangan hingga kuliner.

Seperti Kukis Hias B’Browns, SAF Handycraft, Bobnecklace, Keripik Pisang Kepok Keling Archila, Peyek Kacang Tanah Rizky Snack, Tebing Batik Collection dan LH Collection Eco Print.

Produk-produk yang ditampilkan PTPN IV berhasil menarik perhatian dan antusias pengunjung. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 50 persen stok langsung ludes pada hari pertama pameran.

Senior Executive Vice President (SEVP) Operation II Joni Raja Siregar, kepada , Rabu (21/6/2023) mengatakan, ini juga membuktikan produk UMKM binaan PTPN IV memiliki kualitas yang baik dan gampang diterima konsumen.

"Selain sebagai ajang memperkenalkan produk unggulan UMKM Binaan PTPN IV dan UMKM Rumah BUMN Pabatu PTPN IV, kegiatan ini diharapkan dapat memperluas akses pasar dan mendorong UMKM naik kelas," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penuhi Standar dan Kurasi

Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV, Misran mengatakan, setiap produk UMKM binaan perusahaan yang diikutsertakan pada ajang PaDi UMKM EXPO 2023 telah memenuhi standar dan kurasi yang sangat ketat.

"Sehingga semuanya memiliki ciri khas dan karakter tersendiri," ujarnya.

Misalnya, lanjut Misran, produk Batik Tulis Motif Kombinasi Sumatera Utara. Hasil kerajinan ini mengusung corak khas Melayu, Karo dan Tebing Tinggi. Selain itu, produk UMKM binaan PTPN IV juga berupa mengedepankan aspek kelestarian lingkungan.

"Bahan baku yang dipakai cenderung memanfaatkan limbah daun melalui proses ecoprint," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Ciptakan Kombinasi Batik Etnik

Diterangkan Misran, sejauh ini batik dikenal identik dengan kerajinan yang berasal dari daerah Pulau Jawa.

"Seiring bertambahnya kreativitas dan penilaian pasar, pelaku UMKM PTPN IV juga mampu menciptakan kombinasi batik etnik yang berasal dari daerah Sumatera Utara," terangnya.

PaDi UMKM EXPO 2023 merupakan upaya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mengangkat derajat produk-produk UMKM Indonesia. Pada ajang ini, produk dipamerkan secara offline. Sedangkan sistem pembayaran dilakukan secara online melalui platform PaDi.

Kegiatan ini melibatkan berbagai instansi seperti Rumah BUMN, Kementrian Koperasi dan UKM, HIPMI, IWAPI, Dekranas, Bhayangkari, Nadhlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat