uefau17.com

Jangan Ditolak, Ini 15 Manfaat Oyong untuk Kesehatan - Regional

, Jakarta - Tidak suka oyong karena rasanya yang sedikit hambar? Kamu perlu menyimak berbagai manfaat sayuran yang satu ini untuk tubuhmu sebelum menolaknya. Karena sayur yang juga dikenal dengan nama gambas ini punya nutrisi yang kaya dan bagus untuk tubuh.

Oyong merupakan buah dari tumbuhan merambat. Bentuknya panjang berwarna hijau dengan kulit yang keras. Terdapat tonjolan pada permukaan kulitnya.

Sayuran yang satu ini memiliki cukup banyak nutrisi baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin A yang dapat mencegah degenerasi makula dan vitamin B5 yang baik untuk mengurangi kolesterol jahat serta trigliserida.

Semantara kandungan mangan dalam sayur oyong berfungsi untuk mendukung proses glukoneogenesis, hingga cocok dan aman bagi penderita diabetes.

Jika kamu rajin mengonsumsinya, sayuran oyong akan memberikan banyak manfaat lainnya untuk tubuh. Apalagi semua bagian dari sayur oyong adalah obat. Berikut adalah berbagai manfaat oyong untuk kesehatan.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

15 Manfaat Oyong untuk Kesehatan

1. Menurunkan berat badan

Kamu yang sedang menjalani program menurunkan berat badan sebaiknya memasukan sayur oyong dalam daftar menu makan. Karena sayuran yang satu ini rendah lemak jenuh, kolestrol, dan kalori.

2. Mencegah diabetes

Manfaat oyong yang lainnya adalah mampu mencegah diabetes berkat kandungan mangannya. Kandungan ini merupakan faktor penting dalam memproduksi enzim pencernaan yang berguna untuk proses glukoneogenesis dalam tubuh.

Hasil penelitian dari Departemen of Internal Medicine and Biochemistry menunjukkan bahwa mangan dapat mempromosikan sekresi insulin, meningkatkan fungsi mitokondria, dan mengurangi peroksidasi lipid.

3. Mengurangi Risiko Diabetes tipe-2

Oyong mengandung banyak magnesium yang sangat dibutuhkan untuk metabolisme glukosa. Dengan mengonsumsi magnesium sebanyak 100 mg setiap hari dapat membantu kamu mengurangi risiko diabetes tipe-2 sebesar 15%.

Artinya, jika mengonsumsi 3 buah gambas setiap hari, maka kamu akan terhindar dari risiko penyakit diabetes tipe-2.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin B5 dalam oyong membantu menjaga kesehatan jantung. Setiap 100 gram gambas mengandung vitamin B5 sebesar 0,829 mg.

5. Mencegah nyeri otot

Manfaat oyong juga bisa mencegah nyeri otot berkat kandungan kaliumnya. Ini berguna untuk menstabilkan cairan dan melemaskan otot.

Kekurangan kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kram otot, kejang, dan nyeri.

6. Mencegah penyakit mata

Oyong juga mengandung vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Asupan vitamin A mampu mencegah dari degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

Dari hasil penelitan yang dilakukan National Eye Institute menunjukkan menunjukkan orang yang mengonsumsi vitamin A, vitamin E, vitamin C, tembaga dan seng memiliki penurunan risiko sebesar 25% dari degenerasi makula selama enam tahun.

7. Mengurangi artritis

Oyong juga bermanfaat mengurangi artritis. Artritis merupakan peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai dengan rasa sakit, kekakuan, kebengkakan, dan keterbatasan gerak.

Kandungan tembaga pada oyong dapat memberikan anti-inflamasi. Hal tersebut berguna untuk meredakan nyeri dan kekakuan yang berhubungan dengan artritis.

 

8. Menjaga fungsi otak

Oyong juga mengandung zat besi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak. Tanpa adanya zat besi, maka otak tidak akan menerima oksigen yang cukup sehingga menurunkan produktivitas otak.

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menimbulkan rasa gelisah, lalai, dan lebih mudah tersinggung.

9. Membuat kulit sehat

Oyong juga bisa menjaga kesehatan kulit, lho. Kandungan vitamin C dalam sayur oyong yang mampu mencegah keriput, mengurangi kulit kering, dan mencegah penuaan dini.

10. Membantu mengobati anemia

Kandungan B6 pada oyong membantu menghasilkan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin inilah yang membantu memobilisasi zat besi dan membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh.

11. Cepat menyembuhkan luka

Oyong memiliki kandungan vitamin C sebanyak 10 mg. Ini merupakan faktor penting dalam produksi protein untuk membangun otot, kulit, pembuluh darah, dan liga, yang membantu menyembuhan luka dengan cepat.

12. Meredakan sembelit

Seperti sayuran lainnya, manfaat oyong bagi pencernaan adalah mampu meredakan sembelit. Manfaat ini diberikan oleh selulosa yang merupakan serat baik dan juga mengandung kadar air yang tinggi.

13. Mengatasi migrain

Oyong juga mengandung magnesium yang mampu mengatasai migrain. Magnesium berfungsi untuk menyeimbangkan neurotransmitter di dalam sel-sel saraf di otak.

14. Mempercepat proses penyembuhan penyakit kuning

Jus oyong dipercaya dapat memberikan manfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, salah satunya virus hepatitis yang menyebabkan penyakit kuning.

15. Mencegah jerawat

Kandungan vitamin C yang kaya dalam oyong juga ternyata bisa membantu mencegah tumbuhnya jerawat. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat