uefau17.com

Galeri Wayang di Purwakarta, Tempat Mengenal Wayang Nusantara - Regional

, Purwakarta - Terdapat sebuah destinasi wisata menarik yang cocok untuk semua usia di Purwakarta, yakni Galeri Wayang. Galeri Wayang berlokasi di Jalan Ganda Negara, Nageri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat.

Para pengunjung yang berada di Galeri Wayang bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai sejarah wayang nusantara. Suasana belajar akan semakin menyenangkan karena galeri ini memiliki pencahayaan yang tenang dan penataan ruang yang menarik.

Warna hitam dan putih menghiasi setiap ruangan di Galeri Wayang. Setiap ruangan maupun sudutnya juga bisa dijadikan lokasi spot foto yang Instagramable.

Terdapat dua ruangan di galeri ini. Pada ruangan pertama dihiasi oleh dua dinding berhiaskan relief kisah utama Mahabharata dan Ramayana.

Selain itu, juga ada delapan wayang golek karakter Bima yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat. Masing-masing wayang tersebut juga menggambarkan ciri khasnya masing-masing, mulai dari bentuk muka, mahkota, hingga aksesori yang dikenakan.

Bukan itu saja, pengunjung juga akan menjumpai karya seni berbentuk pohon yang disebut pohon hayat. Pohon tersebut dihiasi akar dan cabang berbentuk seperti pipa logam berwarna perak. Sementara itu, pada bagian batang pohonnya dihiasi oleh sekitar 70 topeng karakter wayang.

Topeng-topeng tersebut dipajang dalam empat tingkatan untuk menggambarkan kastanya masing-masing. Selain mempelajari wayang dari relief dan karya seni, pengunjung juga bisa membaca virtual book yang mengisahkan sejarah serta karakter masing-masing wayang.

Sementara itu, pada ruangan lain di Galeri Wayang Purwakarta berisi ratusan wayang yang terdiri dari wayang golek, wayang kulit, wayang suket, dan lainnya. Selain itu, juga terdapat panggung pertunjukan lengkap dengan alat musik pengiringnya.

Mengutip dari akun Instagram @galeriwayang_purwakarata, tempat ini buka setiap Selasa-Minggu mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp3.000 untuk anak-anak dan Rp5.000 untuk dewasa.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat