uefau17.com

Dikukuhkan Menpora, Kontingen Indonesia Ditargetkan Juara Umum ASEAN Para Games 2023 - Regional

, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengukuhkan kontingen Indonesia ke ajang ASEAN Para Games (APG) XII 2023 di Kamboja. Dalam ajang pesta olaharaga atlet penyandang disabilitas kawasan Asia Tenggara itu, kontingen Indonesia menargetkan sebanyak 121 medali emas, 94 perak dan 84 perunggu sekaligus menjadi juara umum.

Upacara pengukuhan kontingen Indonesia untuk APG berlangsung di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo, Senin (29/5). Selain dihadiri para atlet, ofisial dan pelatih, acara tersebut juga dihadiri Menpora Dito Ariotedjo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun.

Dalam acara pengukuhan dan pelepasan kontingen Indonesia APG XII Kamboja 2023, tim Indonesia secara resmi dikukuhkan Menpora Dito Ariotedjo. Selain itu juga dilakukan penyerahan bendera Merah Putih dari Menpora kepada Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia Andi Herman dan mencium bendera yang dilakukan perwakilan atlet.

"Bismillah dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT. Pada hari ini Senin 26 Mei 2023 saya selaku Menpora Republik Indonesia dengan resmi mengukuhkan kontingen Indonesia di ASEAN Para Games XII 2023. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menyertai kita bersama untuk bisa meraih juara umum," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target 121 Medali Emas

Dalam sambutannya, Menpora Dito Ariotedjo mengatakan bahwa pemerintah berharap apa yang sudah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya oleh NPC Indonesia, CdM dan atlet itu sendiri bisa menghasilkan hasil maksimal APG Kamboja 2023. "Saya berharap para atlet para pelatih dan tenaga pendamping berkonsentrasi penuh untuk menghadapi pertandingan-pertandingan di APG XII 2023," ujar dia.

Menpora Dito mengemukakan, persiapan APG menuju Kamboja ini telah dilakukan pemusatan latihan yang tidak terputus secara berkelanjutan sejak 2022 usai APG XI 2022 Solo. Hal ini merupakan implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomo 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Maka dari itu kita sama-sama harus mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, diharapkan dengan pembinaan yang berkelanjutan ini mampu menghasilkan prestasi yang optimal pada multievent internasional,” ucapnya..

Dia mengatakan, jumlah atlet yang berangkat ke Kamboja yakni 268 atlet dan 154 ofisial untuk berlaga di 12 cabang olahraga (cabor) dari 14 cabor yang dipertandingkan. Dari jumlah cabor yang diikuti kontingen Indonesia ditargetkan bisa meraih sebanyak 121 medali emas, 94 medali perak dan 84 medali perunggu.

"Berdasarkan track record prestasi sport analis yang dilakukan bersama-sama oleh tim pakar akademisi sehingga kekuatan kontingen Indonesia saat ini merupakan komposisi terbaik untuk kita kirimkan menuju ASEAN Para Games 2023 Kamboja,” terang Menpora.

3 dari 3 halaman

Juara Umum ASEAN Para Games

Ketua Umum NPC Indonesia, Shenny Marbun optimistis kontingen Indonesia meraih hattrick juara umum pada APG XII 2023 Kamboja. Keyakinan itu berdasarkan hasil latihan maupun try out yang sudah dijalani semenjak berakhirnya ASEAN Para Games XI di Indonesia 2022 silam.

"Semua sudah kita persiapkan dengan matang. Atas izin Tuhan kami yakin bisa meraih juara umum tiga kali beruntun," harapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat