uefau17.com

Mengenal Haji Furoda, Bisa Langsung Berangkat di Tahun yang Sama Tanpa Harus Antre - Regional

, Jakarta Haji furoda menjadi suatu program ibadah haji yang mungkin belum terdengar akrab di telinga sebagian umat muslim. Selain haji reguler dan haji plus, haji furoda merupakan program haji yang paling mewah jika dibanding program yang lainnya. Secara singkat, haji furoda adalah program haji tanpa harus mengantre untuk berangkat ke Tanah Suci selama bertahun-tahun.

Program haji furoda bisa dilakukan tanpa mengantre karena haji yang juga dikenal dengan haji mujamalah atau undangan ini dapat terlaksana dengan menggunakan visa haji furoda atau visa haji mujamalah yang resmi dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Nur Arifin menjelaskan bahwa ada perbedaan antara haji khusus dengan furoda atau haji mujamalah. Haji khusus menggunakan kuota negara yang dibagi menjadi kuota haji reguler dan kuota haji khusus. Sedangkan haji mujamalah atau furoda tidak menggunakan kuota negara.

Haji furoda ini dapat terlaksana karena Arab Saudi sebagai negara tujuan sudah menyediakan visa khusus yang dikenal dengan nama visa mujamalah. Dengan menggunakan visa tersebut, maka jemaah yang sudah mendaftarkan dapat langsung menunaikan ibadah haji di tahun yang sama tanpa perlu mengantre sama sekali.

"Haji khusus dulu disebut haji plus, resmi menggunakan kuota negara dan ada standar pelayanannya. Pemerintah melakukan pengawasan ketat terhadap penyelenggaraan ibadah haji khusus. Kalau haji mujamalah pemerintah tidak menetapkan standar pelayanannya, hanya diatur bahwa keberangkatan haji mujamalah wajib melalui PIHK sebagaimana ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 dalam Pasal 18,” terang Nur Arifin.

Salah satu perusahaan penyedia layanan Haji Furoda di Indonesia PT Garislurus Lintas Semesta. Haji furoda ini dapat menjadi alternatif bagi calon jamaah haji yang enggan mengantre lama.

"Haji Furoda bisa menjadi alternatif pilihan bagi jamaah haji tanpa antri, tahun ini daftar tahun ini berangkat," jelas Bambang Tri Nugraha Komisaris Utama PT Garislurus Lintas Semesta, melalui siaran pers, Jumat (11/5/2023).

Lebih lanjut Bambang menyatakan bahwa selama mengakomodir program haji furoda perusahaanya memberikan sejumlah fasilitas mewah bagi para calon jemaah haji, mulai dari akomodasi hingga penginapan bintang 5 saat berada di Tanah Suci. Sebagai perusahaan travel sekaligus provider visa, Bambang menjelaskan bahwa setiap tahun travelnya bisa memberangkatkan sebanyak 45 calon jemaah haji furoda.

"Kenyamanan fasilitas dengan hotel bintang 5,akomodasi kelas VIP, program ini kami optimalkan 18 hari berikut perjalanan pulang pergi. Kuota per tahun 45 jemaah dengan 1 Bus," pungkas Bambang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat