uefau17.com

Hasil Penyelidikan Polisi usai Insiden Kebakaran Trans Studio Mall Makassar - Regional

, Makassar - Pihak kepolisian telah menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di Trans Studio Mall Makassar, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan usai insiden kebakaran yang terjadi lada Senin (24/4/2023) petang. 

"Kami kemarin sudah melakukan olah TKP yang dilaksanakan secara terpadu dari Polrestabes Makassar dan Laboratorium Forensik Polda Sulawesi Selatan," kata Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib, Rabu (26/4/2023). 

Ngajib menjelaskan bahwa dari hasil olah TKP itu, penyebab kebakaran dipastikan berasal dari lokasi swafoto yang terbuat dari buang kertas yang dipadukan dengan hiasan lampu. Hiasan lampu yang terus menerus menyala itu memicu munculnya api. 

"Hasil dari pada olah TKP yang dilakukan adalah, sumber api itu berasal dari terowongan bunga. Lampu yang menyala terus menerus hingga panas kemudian memengaruhi dari pada bunga kertas yang ada di terowongan bunga dan disitulah terjadi kebakaran," jelasnya. 

Selain menggelar olah TKP, pihak kepolisian juga telah memeriksa sejumlah saksi mata yang melihat langsung insiden kebakaran di Trans Studio Mall tersebut. Ngajib menyebutkan, setidaknya ada tujuh saksi yang telah diperiksa, termasuk staf Trans Studio Mall Makassar. 

"Kami melakukan pemeriksaan terhadap tujuh orang, yang tentunya tujuh orang tersebut menyaksikan pada saat kejadian, kemudian termasuk stafnya TSM Makassar," ucapnya. 

Saat ditanya mengenai prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), ketersediaan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) dan apakah Water Sprinkle berfungsi atau tidak, Ngajib enggan berkomentar banyak. Dia menyerahkan hal tersebut kepada Tim Labfor Polda Sulsel. 

"Kami fokus dulu sebab akibat dari pada kebakaran itu. Untuk kesana nanti tim Labfor yang menjelaskan," akunya. 

Meski begitu, Ngajib memastikan bahwa sejauh ini pihak kepolisian tidak menemukan adanya indikasi kelalaian dalam insiden kebakaran yang membuat panik seluruh pengunjung Trans Studio Mall Makassar panik menyelamatkan diri. 

"Belum ada indikasi kelalaian. Belum ada tersangka," tegasnya. 

Usai menggelar olah TKP, pihak kepolisian pun kini telah melepas garis polisi. Ngajib mengatakan bahwa Trans Studio Mall Makassar saat ini telah beroperasi kembali. 

"Sudah aman, kita juga sudah buka police line dan sekarang sudah ada perbaikan dari pihak TSM dan sekarang sudah beraktifitas kembali," Ngajib memungkasi. 

Simaklah video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat